Puadiyah, Nurul (2012) Penerapan strategi contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang/ Nurul Puadiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci strategi CTL pembelajaran IPA Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran IPA kelas IV di SDN Kesatrian 2 Malang diketahui bahwa pembelajaran IPA masih menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Artinya pembelajaran yang masih menuntut siswa untuk menghafal materi pelajaran tanpa tahu siswa sudah benar- benar paham atau tidak serta ceramah dan tanya jawab menjadi andalan guru dalam mengajar. Karena IPA umumnya merupakan matapelajaran yang sulit untuk dipahami jikalau siswa tidak mengalami sendiri apa yang mereka pelajari. Untuk itu perlu dilakukan PTK dengan menerapkan strategi CTL. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan strategi CTL pada matapelajaran IPA pokok bahasan Energi dan Penggunaannya di kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang. (2) mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran IPA pokok bahasan Energi dan Penggunaannya di kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang dengan menggunakan strategi CTL Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model John Elliot. Subyek penelitian tindakan adalah siswa kelas IV berjumlah 45 siswa. Data penelitian yang berupa paparan hasil observasi aktivitas dan hasil belajar akibat dari tindakan penelitian dengan menggunakan strategi CTL. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran melalui strategi CTL berlangsung dan teknik tes melalui kegiatan evaluasi di akhir siklus. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi CTL dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Kesatrian 2 Malang. Prosesnya yaitu konstruktivistik (menghubungkan melalui bercerita pengalaman) quetioning (bertanya) inquiry (melalui percobaan/pengamatan) masyarakat belajar (melalui kerja kelompok) pemodelan (melalui demonstrasi) refleksi dan penilaian otentik. Selama penerapan strategi CTL berlangsung aktivitas siswa secara visual oral listening writing motor mental dan emotional meningkat secara bertahap. Begitu juga dengan hasil belajar siswa yang meningkat sebelumnya hanya 62 meningkat menjadi 76 pada siklus I dan 94 pada siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi CTL ini dapat meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN kesatrian 2 Malang baik dari segi aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung maupun dari segi hasil belajar siswa yang benar-benar memuaskan. Dan disarankan agar guru dapat menerapkan dan mengembangkan strategi CTL pada pokok bahasan lain dan pada mata pelajaran lain. CTL dapat dijalankan tanpa harus merubah kurikulum dan tatanan yang ada. i
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |