Pawestri, Camilla Pinkan Pawestri (2023) Pengembangan media pembelajaran berbantuan sparkol videoscribe pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas iv sekolah dasar / Camilla Pinkan Pawestri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan sparkol videoscribe yang valid dan praktis untuk mata pelajaran pendidikan pancasila kelas IV SD. Model yang digunakan yaitu model ADDIE. Validasi yang dilakukan oleh para validator yang terdiri dari ahli materi dan ahli media. Penilaian kepraktisan dilakukan oleh guru dan peserta didik. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil validasi yang diperoleh ahli materi sebesar 87 5% dengan predikat sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Sementara itu hasil yang diperoleh ahli media sebesar 95% sehingga dinilai sangat valid serta layak digunakan tanpa revisi. Sedangkan hasil dari kepraktisan menurut guru dengan persentase 98 7% 91 6% dari hasil uji coba kelompok kecil dan 87 5% hasil uji coba kelompok besar sehingga mendapatkan predikat sangat praktis dan dapat digunakan tanpa revisi. Kesimpulan media pembelajaran berbantuan sparkol videoscribe dinyatakan valid dan praktis pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/294992 |
Actions (login required)
View Item |