Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ppkn siswa kelas v sekolah dasar / Tsintani Ikrima Roysa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ppkn siswa kelas v sekolah dasar / Tsintani Ikrima Roysa

Roysa, Tsintani Ikrima Roysa (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ppkn siswa kelas v sekolah dasar / Tsintani Ikrima Roysa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas V Sekolah Dasar untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas V Sekolah Dasar untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang menggunakan model Role Playing dengan model Problem Based Learning pada mata pelajaran PPKn siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN Pisangcandi 1 Malang dengan total 52 masing-masing kelas 26 siswa. Kelas kontrol VA memakai model pembelajaran Role Playing dan kelas eksperimen VB memakai model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini memiliki tiga hipotesis yaitu hipotesis 1 Ha terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa Ho tidak terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa hipotesis 2 Ha terdapat pengaruh model Role Playing terhadap hasil belajar siswa Ho tidak terdapat pengaruh model Role Playing terhadap hasil belajar siswa Hipotesis 3 Ha terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan model Role Playing dengan model Problem Based Learning pada mata pelajaran PPKn siswa kelas V Sekolah Dasar. Ho tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan model Role Playing dengan model Problem Based Learning pada mata pelajaran PPKn siswa kelas V Sekolah Dasar. Uji-t digunakan dalam proses analisis data dengan SPSS 26.0 for Windows. Hasil penelitian ini didapatkan berdasarkan uji paired sample t test didapatkan bahwa hasil kelas eksperimen didapatkan Sig.2 tailed 0 000 lt 0 05 maka Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh positif penggunaaan model problem based learning terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V Sekolah Dasar. Sedangkan pada kelas kontrol didapatkan nilai Sig.2 tailed 0 001 lt 0 05 maka Ha diterima. yang artinya terdapat pengaruh positif penggunaaan model role playing terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V Sekolah Dasar. Selain itu juga berdasarkan hasil penelitiannya menyatakan bahwa Ha diterima. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji independent sample t test nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0 008 lebih kecil dari 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Role Playing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas V Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/294991

Actions (login required)

View Item View Item