Pengembangan media pembelajaran pinki (papan interaktif kebudayaan indonesia) materi keberagaman budaya di provinsi jawa timur dengan penguatan karakter rasa ingin tahu siswa kelas iv sdi fajar insani kabupaten trenggalek / Susan Amalia Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran pinki (papan interaktif kebudayaan indonesia) materi keberagaman budaya di provinsi jawa timur dengan penguatan karakter rasa ingin tahu siswa kelas iv sdi fajar insani kabupaten trenggalek / Susan Amalia Damayanti

Damayanti, Susan Amalia Damayanti (2023) Pengembangan media pembelajaran pinki (papan interaktif kebudayaan indonesia) materi keberagaman budaya di provinsi jawa timur dengan penguatan karakter rasa ingin tahu siswa kelas iv sdi fajar insani kabupaten trenggalek / Susan Amalia Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan media pembelajaran PINKI bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid praktis serta efektif dalam memperkuat salah satu karakter ingin tahu siswa. Dipadukan dengan adanya teknologi di dalamnya dapat membuat media pembelajaran ini menjadi interaktif. Pengembangan ini menggunakan metode R amp D dan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi serta pemberian angket kepada ahli materi ahli media dan guru. Sedangkan teknik pengumpulan data siswa diberikan angket dan soal. Hasil validasi dari ahli materi mencapai rata-rata persentase sebesar 91 10% ahli media 97 22% pengguna1 94 64% dan pengguna2 95 83% dengan kategori sangat valid dari keseluruhan validator. Kepraktisan dari siswa sebesar 98 38% dan dari guru sebesar 100 00% sehingga masuk kategori sangat praktis. Hasil pengolahan nilai rata-rata pre test dan post test mengalami kenaikan sebesar 36 56% didukung dengan hasil pengolahan uji normalitas data berdistribusi normal dan hasil uji paired sample t test sig (2-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05 dengan hasil keputusan ditemukan perbedaan signifikan pada proses pembelajaran sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran PINKI. Dengan demikian media pembelajaran PINKI dinyatakan sangat valid sangat praktis serta efektif untuk menguatkan rasa ingin tahu siswa sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran materi keberagaman budaya di Provinsi Jawa Timur kelas IV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/294989

Actions (login required)

View Item View Item