Bimawati, Dheviana Bimawati (2023) Peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan menggunakan model problem based learning pada siswa kelas 1 sdn lowokwaru 3 kota malang / Dheviana Bimawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penyampaian materi pembelajaran yang efektif tidak terlepas dari model pembelajaran sebagai sarana penyampaian pesan dari guru kepada siswa. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti pada Kelas 1 terdapat permasalahan yang bisa diatasi menggunakan model penelitian yang diajukan oleh peneliti. Sehingga dapat membuat siswa yang menjadi sangat antusias aktif serta menjadi fokus dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan Model Problem Based Learning dalam pembelajaran berhitung penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SDN Lowokwaru 3 Kota Malang. (2) mengetahui hasil pemahaman siswa kelas 1 SDN Lowokwaru 3 Kota Malang setelah menggunakan Model Project Based Learning. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan adalah metode Kemmis dan Mc Taggart dalam beberapa pertemuan dimana dalam satu pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Kemudian langkah pada pertemuan selanjutnya meliputi empat tahap yang sudah di revisi. Sebelum masuk pada siklus penelitian peneliti melakukan konsultasi/wawancara dengan guru. Selanjutnya barulah perencanaan dan pelaksanaan dilakukan. Berdasarkan hasil pemantau tindakan pelaksanaan pembelajaran terdapat kenaikan terhadap pertemuan I dan pertemuan II pada siklus penelititan tersebut. Aktivitas guru dalam proses belajar mengajar sudah mengarah pada pembelajaran yang lebih baik dan telah mengalami peningkatan dari saat pra siklus dengan hasil 70% hingga saat siklus dengan hasil 100% yang menunjukkan sangat aktif. Aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar juga sudah mengarah pada pembelajaran yang lebih baik dan telah mengalami peningkatan dari saat pra siklus dengan hasil 60% hingga saat siklus dengan hasil 100% yang menunjukkan bahwa siswa sangat aktif dalam proses pembelajaran. Kemampuan siswa berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan asli telah mengalami peningkatan sebanyak 21% dari pertemuan I ke pertemuan II dari nilai rata rata 66% meningkat menjadi 86%. Berdasarkan hasil yang telah dicapai maka peneliti dan kolaborator menyimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini telah mencapai target yang ditetapkan yaitu 72% dari jumlah siswa mengalami peningkatan kemampuan berhitung dengan memperoleh skor sebesar ge 80.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:30 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/294988 |
Actions (login required)
View Item |