Pengaruh model discovery learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar ppkn siswa kelas iv sekolah dasar / PUTRI ROHADATUL AISY - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model discovery learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar ppkn siswa kelas iv sekolah dasar / PUTRI ROHADATUL AISY

Aisy, Putri Rohadatul Aisy (2023) Pengaruh model discovery learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar ppkn siswa kelas iv sekolah dasar / PUTRI ROHADATUL AISY. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model Discovery Learning dengan dukungan media audio visual pada siswa kelas IV SDN Ketawanggede Malang dalam meningkatkan prestasi belajar PPKn. Metodologi Quasi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Design digunakan dalam penelitian ini. Pesertanya adalah siswa kelas IV A sebanyak 27 siswa dan siswa kelas IV B sebanyak 26 siswa. Siswa kelas IV A diberikan model Discovery Learning dengan menggunakan media audio visual sedangkan siswa kelas IV B diberikan model Think Pair Share. Tes wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menyusun data. Independent Sample T-Test digunakan untuk statistik inferensial setelah analisis statistik deskriptif dilakukan pada data yang terkumpul. Nilai rata-rata kelas eksperimen (IV A) ditemukan 6 45 persentase lebih tinggi daripada kelas kontrol (IV B). Berdasarkan temuan pengujian hipotesis kita dapat Ha diterima dan H0 ditolak karena Sig.(2-tailed) 0 009 lt 0 05. Serta memiliki efektivitas N-Gain Score sebesar 56% dengan kategori cukup efektif. Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berbantuan media audio visual berpengaruh secara signifikan pada hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Ketawanggede Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/294987

Actions (login required)

View Item View Item