Pengembangan multimedia interaktif materi bilangan bulat berbasis game based learning dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas vi sd / Silvy Fatiha Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif materi bilangan bulat berbasis game based learning dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas vi sd / Silvy Fatiha Sari

Sari, Silvy Fatiha Sari (2023) Pengembangan multimedia interaktif materi bilangan bulat berbasis game based learning dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas vi sd / Silvy Fatiha Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan pengisian angket oleh siswa kelas VI UPT SDN Nglegok 02 Kabupaten Blitar diperoleh hasil bahwa siswa dan guru memerlukan adanya multimedia membutuhkan multimedia interaktif materi bilangan bulat berbasis game untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara mandiri. Maka tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa pengembangan multimedia interaktif materi bilangan bulat berbasis game based learning dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas VI SD yang valid menurut ahli mengembangkan multimedia interaktif yang praktis dan menarik untuk siswa serta mengetahui efektivitas multimedia interaktif materi bilangan bulat berbasis game based learning pada siswa. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analyze meliputi analisis kebutuhan kurikulum dan karakteristik siswa (2) Design meliputi desain multimedia menyusun buku petunjuk menyusun materi merancang lembar validasi merancang angket respon siswa (3) Development yaitu tahap dimana produk dibuat divalidasi oleh ahli (4) Implementation dilakukan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar dan (5) Evaluation melakukan analisis pada setiap tahapan penelitian untuk ditarik kesimpulan. Hasil pengolahan data dari ahli memperoleh nilai kevalidan dengan rata-rata sebesar 88 30% untuk ahli materi oleh ahli media sebesar 94 61% dan oleh guru sebagai pengguna sebesar 96.60% dengan kategori sangat valid. Sedangkan nilai kepraktisan dan kemenarikan sebesar 97 86% dengan kategori sangat praktis/sangat menarik. Karakter mandiri siswa mendapat nilai 97 11% dengan kategori sangat baik yang ditunjukkan siswa selama belajar menggunakan multimedia interaktif dapat sangat mandiri dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Setelah dilakukan pretest dan posttest data kemudian diolah dan diuji menggunakan uji paired sample T-test dimana nilai sig. sebesar 0 000 lt 0 05 dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif memiliki perbedaan yang signifikan pada hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif tersebut. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif materi bilangan bulat berbasis game based learning dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas VI SD sangat valid sangat praktis sangat praktis/menarik dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Multimedia interaktif ini masih memiliki kekurangan dan perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk pengembangan multimedia interaktif yang sesuai dengan karakteristik siswa maupun pelajaran serta memberikan kemudahan akses bagi pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/294984

Actions (login required)

View Item View Item