Arimbi, Destria Nathalia (2023) Analisis kesalahan menentukan ide pokok pada teks eksplanasi siswa kelas v sdn karangsari 2 kota blitar / Destria Nathalia Arimbi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ide Pokok merupakan materi Bahasa Indonesia yang sangat penting untuk dipelajari. Dengan adanya ide pokok siswa dapat memahami informasi yang disampaikan. Sementara itu ide pokok perlu dipelajari mendalam oleh siswa agar siswa tidak salah tafsir mengenai bacaan. Pada kegiatan pengembangan keterampilan berbahasa siswa salah satunya untuk menentukan ide pokok paragraf tidak dipungkiri terjadi kesulitan yang dialami oleh siswa yang dapat menimbulkan kesalahan siswa dalam belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa kelas V dalam menentukan ide pokok pada teks eksplanasi beserta penyebabnya. Metode penelitian ini menggunakan mixed method atau metode campuran. Adapun data kuantitatif diperoleh dari peneliti mengukur kesalahan siswa kelas V dalam menentukan ide pokok pada teks eksplanasi di SDN Karangsari 2 Kota Blitar dalam menjawab soal tes yang diberikan. Kemudian data kualitatif diperoleh dari mendeskripsikan kesalahan siswa menentukan ide pokok dan penyebab kesalahan siswa kelas V dalam menentukan ide pokok pada teks eksplanasi di SDN Karangsari 2 Kota Blitar melalui wawancara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil tes siswa dianalisis dan dikategorikan berdasarkan kesalahan menentukan ide pokok. Hasil penelitian menunjukkan pertama Kesalahan menentukan ide pokok pada kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar pada teks bacaan pertama terdapat 24 siswa dengan persentase 85 71%. Pada teks bacaan pertama ide pokok terletak pada kalimat utama yang berada di awal paragraf. Adapun kesalahan kalimat utama pada teks bacaan pertama juga terjadi pada 6 siswa jika dipresentasikan sebesar 21 42%. Kemudian kesalahan menentukan ide pokok pada teks bacaan terdapat 22 siswa dengan persentase 78 57%. Pada teks bacaan kedua ide pokok terletak pada kalimat utama yang berada di awal dan akhir paragraf. Kesalahan kalimat utama pada teks bacaan kedua terjadi pada 27 siswa dengan persentase 96 42%. Pada teks bacaan ketiga terdapat 27 siswa mengalami kesalahan dalam menentukan ide pokok dengan persentase 96 42% dan 28 siswa mengalami kesalahan kalimat utama dengan persentase sebesar 100%. Ide pokok teks bacaan ketiga terletak di kalimat utama yang berada di akhir paragraf. Sehingga dapat disimpulkan kategori kesalahan siswa kelas V SDN Karangsari Kota Blitar dalam menentukan ide pokok pada teks eksplanasi sebesar 79 16 % termasuk pada kategori kesalahan tinggi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa banyak melakukan kesalahan dalam menentukan ide pokok pada suatu bacaan. Kemudian siswa juga salah dalam menentukan kalimat utama dalam bacaan. Hal itu disebabkan oleh siswa dan guru. Adanya kesalahan tersebut sebaiknya segera diatasi agar tidak semakin mendalam dan terus berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:31 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/294950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |