Pengembangan lkpd berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang kelas v sekolah dasar / Siti Lailatul Qodriah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lkpd berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang kelas v sekolah dasar / Siti Lailatul Qodriah

Qodriah, Siti Lailatul Qodriah (2023) Pengembangan lkpd berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang kelas v sekolah dasar / Siti Lailatul Qodriah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang masih kurang. Dibutuhkan bahan ajar menarik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa dan memudahkan dalam memahami materi bangun ruang. LKPD berbasis etnomatematika merupakan solusi dari permasalahan dan kebutuhan penelitian. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis etnomatematika materi kelas V sekolah dasar yang valid menurut ahli (materi dan bahan ajar) serta praktis bagi pengguna (siswa dan guru). Model pengembangan ADDIE merupakan model dalam penelitian dan pengembangan ini. Hasil penelitian dan pengembangan berupa LKPD berbasis etnomatematika sebagai penunjang bahan ajar matematika materi volume bangun ruang. Persentase dari hasil validasi ahli materi dan bahan ajar mendapatkan persentase 93% sehingga produk dapat dikatakan valid. Hasil kepraktisan guru mendapatkan persentase 92%. Sedangkan persentase yang didapatkan berdasarkan uji kepraktisan siswa memperoleh persentase 84% sehingga produk dapat dikatakan sangat praktis digunakan. Berdasarkan hasil validasi dan kepraktisan produk LKPD berbasis etnomatematika dapat dimanfaatkan dengan baik sebagai penunjang bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/294941

Actions (login required)

View Item View Item