Kemampuan analisis struktur cerita dalam legenda pada siswa kelas v sdn karangsari 2 kota blitar / Khusnul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan analisis struktur cerita dalam legenda pada siswa kelas v sdn karangsari 2 kota blitar / Khusnul Khotimah

Khotimah, Khusnul Khotimah (2023) Kemampuan analisis struktur cerita dalam legenda pada siswa kelas v sdn karangsari 2 kota blitar / Khusnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Artikel ini memiliki tujuan untuk menganalisis pemahaman struktur cerita dalam legenda pada pelajar kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Data dihimpun memakai teknik pengamatan interview tes serta dokumentasi. Riset ini menggunakan tes beris cerita legenda ldquo Asal Usul Danau Toba rdquo dan kemudian terdapat tabel struktur cerita dan paragraf untuk menentukan struktur cerita tersebut. Melalui hasil penelitian ditemukan bahwa siswa kelas V masih melakukan kesalahan dalam menentukan paragraf dalam struktur cerita tersebut. Pemahaman siswa pada tahap perkenalan (orientasi) sebesar 92 59 % dikategorikan sangat tinggi. Hasil pemahaman pada tahap pertikaian (komplikasi) sebesar 18 51% tergolong kategori rendah. Sementara itu hasil pemahaman pada tahap penyelesaian (resolusi) dikategorikan sangat tinggi dengan persentase sebesar 81.48%. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa siswa mengalami ketidakpahaman pada tahap pertikaian (komplikasi) dikarenakan banyak siswa yang asal saja dalam menuliskannya siswa juga tidak membaca dengan teliti teks legenda yang sudah disediakan. Terjadinya ketidakpahaman tersebut disebabkan karena faktor siswa dan guru. Oleh karena itu hal tersebut segera diatasi agar tidak terulang kembali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/294937

Actions (login required)

View Item View Item