Yunitasari, Nanda Yunitasari (2022) Pengembangan media pembelajaran aplikasi anak cerdas dan pintar (si acar) berbasis aplikasi android materi siklus hidup hewan dengan penguatan karakter mandiri kelas iv sdn pakunden 2 kota blitar / Nanda Yunitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan obeservasi pada pembelajaran materi siklus hidup hewan kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blita diketahui bahwa proses pembelajaran secara daring yang dilakukan menggunakan metode penugasan. Guru memberikan materi pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran dari Youtube kemudian di kririmkan ke WhatsApp Group lalu dipelajari peserta didik di rumah. Hasil wawancata dengan guru kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar diketahui bahwa peserta didik mengalam kendala terhadap pemahaman pada materi siklus hidp hewan. Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran Aplikasi Anak Cerdas dan Pintar (SI ACAR) berbasis aplikasi android materi siklus hidup hewan dengan penguatan karakter mandiri kelas IV SDN Pakunden 2 Kota Blitar yang valid menurut ahli materi ahli media pengguna/guru praktis dan menarik bagi peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan-tahapan model ADDIE yang meliputi (1) analiysis (analisis) (2) design (desain) (3) development (pengembangan produk) (4) implementation (implementasi) (5) evaluation (evaluasi). Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif melalui sumber primer dan sumber sekunder dengan teknin pengumpulan data melalui wawancara observasi dan angket. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran SI ACAR yaitu validasi oleh ahli materi sebesar 96 00 persen dengan kategori sangat valid. Validasi oleh ahli media sebesar 93 33 persen dengan kategori sangat valid. Validasi oleh pengguna/guru sebesar 97 5 persen dengan kategori sangat valid. Validasi oleh pengguna/guru pada aspek kepraktisan dan kemenarikan memperoleh persentase 100 persen dengan kategori sangat praktis dan menarik. Kepraktisan dan kemenarikan berdasarkan angket respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 100 persen dengan kategori sangat menarik. Hasil angket respon peserta didik pada aspek kemandirian memperoleh persentase sebasar 100 persen . Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran SI ACAR dapat menumbuhkan karakter mandiri pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/294933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |