Analisis kesalahan penggunaan kata penghubung dalam karangan deskripsi siswa kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar / Kemala Tita Mayori - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penggunaan kata penghubung dalam karangan deskripsi siswa kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar / Kemala Tita Mayori

Mayori, Kemala Tita (2023) Analisis kesalahan penggunaan kata penghubung dalam karangan deskripsi siswa kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar / Kemala Tita Mayori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Artikel ini memiliki tujuan untuk menganalisis kesalahan dalam menggunakan kata penghubung koordinatif dan subordinatif dalam hasil karangan deskripsi siswa kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi wawancara tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tes berisi tulisan karangan deskripsi yang belum terdapat kata penghubung. Melalui hasil penelitian ditemukan bahwa siswa kelas V melakukan kesalahan penggunaan kata penghubung koordinatif pada kata penghubung penjumlahan sebesar 56 18% dikategorikan tinggi pemilihan sebesar 68 33% dikategorikan tinggi pertentangan sebesar 71 42% dikategorikan tinggi penegasan sebesar 71 72% dikategorikan tinggi pembatasan sebesar 73 21% dikategorikan tinggi pengurutan sebesar 50% dikategorikan sedang penyamaan sebesar 10 71% dikategorikan rendah penyimpulan sebesar 75 65% dikategorikan tinggi. Kesalahan penggunaan kata penghubung subordinatif yaitu kata penghubung penyebaban sebesar 77 97% dikategorikan tinggi persyaratan sebesar 78 27% dikategorikan tinggi tujuan sebesar 40 65% dikategorikan sedang kesewaktuan sebesar 59 52% dikategorikan tinggi dan pengakibatan sebesar 88 09% dikategorikan sangat tinggi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan siswa sering mengalami kesalahan dalam menerapkan kata penghubung koordinatif dan kata penghubung subordinatif. Terjadinya kesalahan penggunaan kata penghubung koordinatif dan kata penghubung subordinatif disebabkan oleh siswa dan guru. Adanya kesalahan tersebut sebaiknya segera diatasi agar dapat meminimalisir kesalahan dan tidak terulang dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2023 04:29
Last Modified: 07 Dec 2023 03:08
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/294893

Actions (login required)

View Item View Item