Problematika keterampilan membaca nyaring pada siswa kelas 2 di sdn 2 randuagung kabupaten malang / SOVIYANA DIMYATI - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika keterampilan membaca nyaring pada siswa kelas 2 di sdn 2 randuagung kabupaten malang / SOVIYANA DIMYATI

Dimyati, Soviyana Dimyati (2023) Problematika keterampilan membaca nyaring pada siswa kelas 2 di sdn 2 randuagung kabupaten malang / SOVIYANA DIMYATI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dimyati Soviyana. 2023. Problematika Keterampilan Membaca Nyaring Pada Siswa Kelas 2 Di SDN 2 Randuagung Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 ndash Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Titis Angga Rini S.Pd. M.Pd. (II) Arda Purnama Putra S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Membaca Membaca Nyaring Problematika Membaca Nyaring Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang dibacakan dengan nyaring dengan intonasi yang jelas dan benar sehingga pembaca dan pendengar dapat dengan mudah menangkap informasi yang disampaikan oleh penulis baik berupa pikiran perasaan sikap maupun pengalaman pribadi penulis. Siswa dapat dikatakan menguasai keterampilan membaca nyaring apabila mampu melafalkan huruf kata dan frase yang tepat menguasai tanda baca sederhana posisi membaca yang baik membaca dengan suara yang jelas dan terang membaca tidak terbata-bata lagi membaca dengan kecepatan yang sesuai memahami isi bacaan dan mampu membaca dengan percaya diri. Berdasarkan studi pendahuluan ini maka penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara rinci problematika kemampuan keterampilan membaca nyaring pada siswa kelas 2 di SDN 2 Randuagung. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa 2 SDN 2 Randuagung. Analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian datam dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap persiapan tahap pelaksanaan tahap penyelesaian. Keabsahan data dipastikan dengan memberikan triangulasi data dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 24 siswa di kelas 2 terdapat 5 siswa yang memiliki problematika dalam keterampilan membaca nyaring problematika yang dialami siswa antara lain 1) tidak lancar dalam mengidentifikasi dan melafalkan huruf atau kata 2) tidak lancar dalam melafalkan huruf diftong (vokal ganda) 3) tidak lancar dalam melafalkan huruf konsonan ganda 4) tidak lancar dalam melafalkan huruf digraf (ng ny pr sy) 5) kurang menguasai tanda baca sederhana seperti titik (.) dan koma ( ) 6) membaca dengan suara yang kurang terang dan jelas 7) membaca dengan terbata-bata 8) membaca dengan waktu yang cukup lama 9) tidak memahami isi bacaan yang dibaca. Upaya untuk mengatasi problematika tersebut diharapkan kepala sekolah dapat menghimbau untuk melakukan kegiatan literasi setiap hari guru juga diharapkan untuk memberikan penanganan khusus kepada siswa yang memiliki problematika kemampuan keterampilan membaca nyaring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/294890

Actions (login required)

View Item View Item