Pengembangan media pembelajaran interaktif materi aksara jawa sekolah dasar kelas 4 sdn bendogerit 1 kota blitar / MAOREN ANJARINIE - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif materi aksara jawa sekolah dasar kelas 4 sdn bendogerit 1 kota blitar / MAOREN ANJARINIE

Anjarinie, Maoren Anjarinie (2023) Pengembangan media pembelajaran interaktif materi aksara jawa sekolah dasar kelas 4 sdn bendogerit 1 kota blitar / MAOREN ANJARINIE. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anjarinie Maoren 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Aksara Jawa Sekolah Dasar Kelas 4 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kepndidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ngeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Alif Mudiono M. Pd (2) Dra. Sutansi M. Pd. Kata Kunci bahasa Jawa aksara Jawa Pembelajaran Bahasa Jawa di SDN Bendogerit 1 Kota Blitar khususnya pada kelas IV mengalami kendala dalam melaksanakan pembelajaran mata pelajaran tersebut. Materi aksara jawa menjadi pembelajaran yang dirasa sulit oleh siswa di kelas tersebut. Melalui hasil wawancara dengan wali kelas tersebut dengan beberapa permasalahan yang dihadapi peserta didik yang berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami tulisan aksara jawa. Hal tersebut dilatar belakangi lantaran media yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran tersebut sebelumnya menggunakan media poster karena sudah usang media tersebut tidak menarik bentuk poster yang monoton sehingga membuat siswa tidak tertarik menulis aksara jawa berdasarkan analisis kebutuhan penilitian ini memiliki tujuan yakni untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif pada materi aksara jaw akelas IV SD yang valid menurut ahli media ahli materi praktis menururt guru dan menarik bagi siswa. Penelitian dan pengembangan ini mengunakan model ADDIE. Dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Bendogerit 1 Kota Blitar.Di dalam penilitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi wawancara dan angket. Observasi dilakukan untuk melakukan pengamatan terhadap kegiatan belajar mengajar. Sedangkan untuk wawancara ditujukan kepada wali kelas IV A SDN Bendogerit 1 Kota Blitar untuk mengetahui permasalahan yang muncul pada siswa dan kendala dalam pembelajaran dan angket ditujukan kepada ahli materi ahli media guru dan siswa. Adapun hasil dari validasi ahli materi sebesar 91 6 % ( sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi ) menurut ahli media sebesari 96 4% (sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi ) kepraktisan dan kemenarikan produk sebesar 100% dan 97 5%. Hal tersebut didukung dengan hasil kemenarikan produk menurut pengguna (peserta didik) pada uji coba kelompok kecil mendapat presentase 99% dan pada uji coba kelompok sebesar 99 5% dengan jumlah siswa keseluruhan 30. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran interakitf aksara jawa pada siswa kelas IV di SDN Bendogerit 1 Kota Blitar dinyatakan valid oleh ahli materi ahli media praktis bagi guru serta menarik bagi siswa. Penggunaan media pembelajaran interaktif aksara jawa diharapkan dapat digunakan berkelanjutan untuk membantu siswa menambah minat belajar menggunakan teknologi dan menambah pemahaman siswa dalam memahami tulisan aksara jawa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:29
Last Modified: 24 Sep 2024 08:35
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/294889

Actions (login required)

View Item View Item