Pengembangan bahan ajar e-modul berbasis flipbook pada mata pelajaran kearsipan (studi pada peserta didik kelas X OTKP SMK Negeri 2 Blitar) / Devi Muliastiti Pandini

Pandini, Devi Muliastiti (2019) Pengembangan bahan ajar e-modul berbasis flipbook pada mata pelajaran kearsipan (studi pada peserta didik kelas X OTKP SMK Negeri 2 Blitar) / Devi Muliastiti Pandini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Pandini, Devi Muliastiti. 2019. Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran Kearsipan (Studi Pada Peserta Didik Kelas X OTKP Smk Negeri 2 Blitar). Skripsi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Bahan ajar, E-Modul, dan Flipbook. Penelitian dan pengembangan ini didasarkan pada adanya keterbatasan bahan ajar yang tersedia di sekolah. Saat ini, bahan ajar yang tersedia kurang memadai dan dalam jumlah yang terbatas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menghasilkan, mengetahui kelayakan dan efektivitas E-Modul berbasis Flipbook yang dihasilkan peneliti. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berupa E-Modul yang berbasis Flipbook pada mata pelajaran Kearsipan dengan kompetensi dasar 3.10 Mengevaluasi arsip dalam rangka menentukan retensi arsip dan 3.11 Menerapkan prosedur penyusutan arsip. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian dari Sugiyono yang disesuaikan oleh peneliti dari sepuluh langkah menjadi tujuh langkah yakni (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) perbaikan produk, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk dan produk akhir. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah E-Modul Kearsipan berbasis Flipbook, yang telah divalidasi oleh ahli E-Modul dan ahli materi. E-Modul ini tidak berupa fisik (cetak) melainkan file yang dapat dibuka pada komputer dan dapat berpindah halaman hanya dengan sekali klik. E-Modul ini berisi teks, gambar, video, suara serta kuis online dan dikemas dalam media penyimpanan berupa Compact Disk. Hasil dari validasi E-Modul dan validasi materi berada pada kategori sangat. Respon peserta didik terhadap E-Modul juga diuji dengan penyebaran Kuesioner juga sangat baik. Hal tersebut berarti bahwa E-Modul yang dihasilkan sangat layak digunakan dan tidak perlu dilakukan revisi. Selain hasil validasi dan Kuesioner uji lapangan, penelitian dan pengembangan ini menggunakan tes formatif untuk melihat efektivitas penggunaan E-Modul. Hasil tes formatif ranah kognitif yang dilakukan pada kelas X OTKP 2 adalah di atas rata-rata. Hasil tersebut menyatakan bahwa dengan menggunakan E-Modul yang dihasilkan, peserta didik tuntas dan dapat menguasai kompetensi dasar yang diajarkan secara efektif. Berdasarkan hasil yang diperoleh, diketahui bahwa E-Modul Flipbook yang dikembangkan telah memenuhi tujuan dari penelitian. Saran untuk penelitian dan pengembangan ini yakni untuk lebih memperhatikan kondisi, dan sasaran penelitian. Serta lebih kreatif dalam mengembangkan produk E-Modul yang lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29451

Actions (login required)

View Item View Item