Pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Negeri Mojoagung Jombang / Ilma Arifanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Negeri Mojoagung Jombang / Ilma Arifanti

Arifanti, Ilma (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Negeri Mojoagung Jombang / Ilma Arifanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Arifanti Ilma. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Negeri Mojoagung Jombang. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing H. Imam Bukhori S.Pd. M.Pd. M.M Kata Kunci pengembangan media pembelajaran Lectora Inspire hasil belajar Perkembangan teknologi dan informasi saat ini semakin pesat. Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan semakin marak. Seorang guru di tuntut untuk mampu merancang pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sistem penyampaian materi yang disajikan dengan menggunakan alat bantu seperti komputer atau laptop kepada peserta didik yang di dalam proses pembelajarannya tidak hanya melihat dan mendengar tetapi juga memberikan respon umpan balik. Penggunaan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membut bahan ajar elektronik seperti aplikasi lectora inspire. Aplikasi lectora inspire merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi sejenis power point akan tetapi mempunyai fitur yang jauh lebih lengkap dari aplikasi power point. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis lectora inspire yang layak digunakan untuk peserta didik pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran dengan kompetensi dasar menerapkan pengoperasian aplikasi presentasi pada peserta didik Kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri Mojoagung Jombang dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran dengan kompetensi dasar menerapkan pengoperasian aplikasi presentasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari 4D dari Thiagarajan Semmel dan Semmel (dalam Trianto 2012 93) melalui tahap-tahap sebagai berikut (1) Tahap Pendefinisian (2) Tahap Perancangan (3) Tahap Pengembangan dan (4) Tahap Penyebaran. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari wawancara angket dan tes. Subjek dari penelitian ini yaitu uji coba kelompok terbatas terdiri dari 9 orang peserta didik dari kelas X OTKP 2 dan uji coba kelompok besar yang dilakukan oleh kelas X OTKP 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa dan kelas X OTKP 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa. Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran teknologi perkantoran dengan kompetensi dasar 3.5 menerapkan pengoperasian aplikasi presentasi dan 4.5 mengoperasikan aplikasi presentasi yang disimpan dalam format .exe di dalam CD/DVD. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh presentase 98 34% untuk hasil validasi oleh ahli materi memperoleh presentase 97 6% dan untuk tanggapan dari uji coba kelompok terbatas memperoleh hasil sebesar 88 69%. Dari hasil validasi oleh kedua validator ahli media dan ahli materi dan dari hasil tanggapan angket uji coba kelompok terbatas tersebut menyatakan media ii pembelajaran berbasis lectora inspire sangat valid sangat efektif dan dapat dipergunakan tanpa revisi. Hasil belajar peserta didik pada uji coba lapangan yang dilakukan pada kelas X OTKP 1 sebagai kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 79 37% dan X OTKP 2 sebagai kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 82 41%. Jadi penggunaan media pembelajaran berbasis lectora inspire ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29450

Actions (login required)

View Item View Item