Anggita, Fira Dila Mia (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire 17 pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar) / Fira Dila Mia Anggita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Anggita Mia Dila Fira. 2019. Pengembangan Media Pembalajaran Berbasis Lectora Inspire 17 Pada Mata Pelajaran Korespondensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Sutrisno M.M Kata Kunci Media Pembelajaran Lectora Inspire 17 Korepondensi Hasil Belajar Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire 17. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Korespondensi diperoleh informasi bahwa aktivitas pembelajaran di SMK Negeri 2 Blitar masih menggunakan media powerpoint saja. Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran yang interaktif dan layak yaitu media pembelajaran berbasis Lectora Inspire 17 pada mata pelajaran Korespondensi kompetensi dasar Menganalisis Pembuatan Surat Niaga pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar (2) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang telah menggunakan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire 17 dan yang tidak menggunakan media pembelajaran melalui uji t-test Independent Sample pada mata pelajaran Korespondensi kompetensi dasar Menganalisis Pembuatan Surat Niaga pada peserta didik kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian Borg Gall dengan langkah-langkah yang telah disesuaikan dengan kebutuhan lapangan dan batas waktu yang diberikan sekolah yaitu (1) Penelitian dan pengumpulan informasi (2) Perencanaan (3) Pengembangan desain produk awal (4) Uji coba produk awal (5) Revisi hasil uji coba (6) Uji Lapangan Produk Utama (7) Revisi Produk Final (8) Uji Coba Lapangan. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu (1) Kelas kontrol (kegiatan pembelajaran melalui penyampaian materi dari buku cetak) dan (2) Kelas Eksperimen (kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire 17). Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil pengisian angket validasi ahli media ahli materi dan angket respon pengguna (peserta didik) terhadap media pembelajaran serta nilai posttest dan ketrampilan peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh hasil sebesar 97 89% yang dinyatakan sangat valid sedangkan hasil validasi oleh ahli media sebesar 96 36% yang dinyatakan sangat valid. Sedangkan hasil uji coba lapangan awal atau uji coba kelompok terbatas yang telah dilakukan memperoleh hasil sebesar 85 83% yang dinyatakan sangat valid. Setelah melaksanakan pembelajaran pada ii kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai posttest ranah kognitif untuk kelas kontrol sebesar 77 22 dan untuk kelas eksperimen sebesar 87 20. Dan untuk hasil praktik nilai psikomotorik kelas kontrol sebesar 85 52 dan kelas eksperimen sebesar 89 51. Jadi berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire 17 dapat dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran pengembangan lebih lanjut tentang pengembangan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire 17 yaitu (1) pengembangan produk ini hanya sebatas pada kompetensi dasar menganalisis surat niaga dalam korepondensi sebaiknya penelitian selanjutnya mencakup materi dan kompetensi dasar yang lain (2) produk yang dikembangkan berupa media offline dalam segi soal latihan disarankan agar memanfaatkan media online seperti e-Learning yang dapat menghubungkan nilai yang dicapai oleh peserta didik dengan email guru agar dapat memudahkan guru dalam pengecekan keberhasilan belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29448 |
Actions (login required)
View Item |