Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2 SMKN 1 Pasuruan) / Meryana Ayu Larasati

Larasati, Meryana Ayu (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2 SMKN 1 Pasuruan) / Meryana Ayu Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Larasati, M. A. 2019 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 2 SMKN 1 Pasuruan). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. I Nyoman Suputra, M. Si Kata kunci: Numbered Heads Together, Keaktifan Peserta Didik, Prestasi Belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Mata Pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP , didapatkan informasi bahwa tingkat keaktifan dan prestasi belajar yang diperoleh peserta didik kelas X OTKP 2 lebih rendah jika dibandingkan dengan kelas X OTKP 1. Suatu model pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik kelas X OTKP 2. Model pembelajaran tersebut yaitu Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT), (2) untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keaktifan peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP 2 SMKN 1 Pasuruan, (3) untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran Administrasi Umum kelas X OTKP 2 SMKN 1 Pasuruan. (1) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjalan selama 2 siklus melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan guru dalam penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada peserta didik kelas X OTKP 2 Mata Pelajaran Administrasi Umum di SMKN 1 Pasuruan termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat ditunjukkan pada siklus I persentase kegiatan guru dalam menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebesar 80.88% sedangkan pada siklus II sebesar 89.41%. (2) hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada peserta didik kelas X OTKP 2 Mata Pelajaran Administrasi Umum SMKN 1 Pasuruan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Pada siklus I keaktifan peserta didik sebesar 70.69% sedangkan pada siklus II sebesar 79.13%. (3) penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada kelas X OTKP 2 SMKN 1 Pasuruan juga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan pada siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal prestasi belajar peserta didik sebesar 83.33% dengan rata-rata 74 dan dari 36 peserta didik yang mendapat nilai diatas KKM terdapat 30 peserta didik. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar klasikal prestasi belajar peserta didik sebesar 100% dengan rata-rata 97 dan 36 peserta didik mendapatkan nilai diatas KKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29440

Actions (login required)

View Item View Item