Perbandingan hasil belajar administrasi umum melalui model Teams Games Tournament dengan model Student Teams Achievement Division berbantuan media kahoot pada siswa kelas X OTKP SMK National Media Center Malang / Rina Wahyu Anggriyani

Anggriyani, Rina Wahyu (2019) Perbandingan hasil belajar administrasi umum melalui model Teams Games Tournament dengan model Student Teams Achievement Division berbantuan media kahoot pada siswa kelas X OTKP SMK National Media Center Malang / Rina Wahyu Anggriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Anggriyani, R.W. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Administrasi Umum Melalui Model Teams Games Tournament dengan Model Student Teams Achievement Division Berbantuan Media Kahoot pada Siswa Kelas X OTKP SMK National Media Center Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agung Winarno, M.M. Kata Kunci: TGT, STAD, kahoot, hasil belajar Model pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran berkelompok secara kolaboratif dengan struktur kelompok bersifat heterogen. Pembelajaran kooperatif terbagi menjadi berbagai jenis model. Selain model pembelajaran, dalam proses belajar mengajar kehadiran media pembelajaran mempunyai arti yang cukup penting, karena dapat meningkatkan aktivitas siswa. Media pembelajaran banyak bentuknya, salah satunya adalah media permainan. Penelitian ini menggunakan media permainan yaitu berbantuan media Kahoot. Penelitian ini menggunakan model Teams Games Tournament dan model Student Teams Achievement Division berbantuan media Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penerapan model Teams Games Tournament dengan model Student Teams Achievement Division berbantuan media Kahoot terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuasi eksperimen, sedangkan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test group design dengan dua kelompok subjek penelitian yang memiliki kemampuan sama. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X OTKP 2 sebagai kelas eksperimen 1 dengan model Teams Games Tournament dan kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen 2 dengan model Student Teams Achievement Division. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model Teams Games Tournament dengan siswa yang diajar menggunakan model Student Teams Achievement Division berbantuan media Kahoot. Terbukti dari hasil uji t (t-TEST) dua sampel dengan bantuan Software SPSS 23.00 diperoleh t-hitung sebesar 1,702 < ttabel (2,00324) dan nilai signifikansi 0,094 > 0,05. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima maka tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Umum antara siswa yang diajar menggunakan model Teams Games Tournament dengan siswa yang diajar menggunakan model Student Teams Achievement Division berbantuan media Kahoot. Disimpulkan pula bahwa model Teams Games Tournament dan model Student Teams Achievement Division sama-sama memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X OTKP pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK National Media Center Malang. Berdasarkan pada kesimpulan, disarankan bagi sekolah dapat memberikan pelatihan kepada guru mengenai model-model pembelajaran kooperatif sesuai dengan kompetensi dasar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi guru mata pelajaran Administrasi Umum dapat menerapkan model-model pembelajaran ii kooperatif sebagai alternatif pembelajaran disesuaikan dengan tujuan belajar untuk meningkatkan hasil belajar. Bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan model Teams Games Tournament dan Student Teams Achievement Division pada mata pelajaran lain, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29437

Actions (login required)

View Item View Item