Penerapan model learning cycle berbantuan media kahoot untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran administrasi umum / Vina Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model learning cycle berbantuan media kahoot untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran administrasi umum / Vina Wulandari

Wulandari, Vina (2019) Penerapan model learning cycle berbantuan media kahoot untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran administrasi umum / Vina Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Vina. 2019. Penerapan Model Learning Cycle Berbantuan Media Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Umum. Skripsi Jurusan Manjemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci model pembelajaran learning cycle media kahoot hasil belajar. Model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik merupakan konsep pelaksanaan pembelajaran yang mendidik peserta didik lebih aktif dalam belajar sehingga materi lebih cepat dipahami dan hasil belajar dapat ditingkatkan. Penggunaan media pembelajaran interaktif menjadi salah satu penunjang keberhasilan pembelajaran salah satu media pembelajaran yang interaktif dan terbaru adalah media kahoot . Model learning cycle yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lima tahapan pembelajaran sehingga disebut model learning cycle 5E. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penerapan model learning cycle 5E berbantuan media kahoot dan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model learning cycle 5E berbantuan media kahoot Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Post-test digunakan untuk mengukur hasil belajar pada subyek penelitian kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Turen Malang tahun pelajaran 2018/2019 pada semester genap Mata Pelajaran Administrasi Umum Kompetensi Dasar (KD) 3.7 menerapkan prosedur penataan surat/dokumen Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran learning cycle 5E pada kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Turen Malang memiliki kategori sangat baik dilihat dari kesesuaian aktifitas guru dan peserta didik dengan kisi-kisi pelakasanaan pembelajaran dan sintaks model learning cycle 5E. Keberhasilan penggunaan model ini juga dibantu dengan penggunaan media pembelajaran kahoot yang membuat peserta didik lebih antusias dan aktif terhadap pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran ini juga meningkatan hasil belajar peserta didik yaitu dari rata-rata nilai bidang kognitif pada KD 3.6 menerapkan prosedur penataan surat/dokumen surat masuk dan keluar adalah 73 09 rata-rata nilai siklus I adalah 76 dan rata-rata nilai siklus II adalah 85 97. Sedangkan untuk nilai psikomotor dari rata-rata siklus I adalah 84 ke rata-rata siklus II adalah 96 19. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model learning cycle 5E berbantuan media kahoot dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam bidang kognitif dan psikomotor. Berdasarkan pada kesimpulan disarankan bagi sekolah untuk memperbaiki fasilitas internet agar dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Bagi guru Mata Pelajaran Administrasi Umum dapat menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi inovatif dan berpusat pada peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar. Bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menerapkan model learning cycle 5E pada mata pelajaran lain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29434

Actions (login required)

View Item View Item