Silvianawati, Mega Anggun (2019) Pengembangan e-modul flip pdf berbasis Predict Observe Explain (POE) pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perpustkaa di SMKN 2 Blitar) / Mega Anggun Silvianawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Anggun Mega.2018. Pengembangan E-Modul Flip PDF Berbasis Predict Observe Explain (POE) Mata Pelajaran Kearsipan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Pada Kelas X Otomoatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMKN 2 Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Yuli Agustina S.E. M.M. Kata Kunci E-Modul Flip PDF Predict Observe Explain (POE) Hasil Belajar Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan e-modul Flip PDF pada mata pelajaran Kearsipan pada materi semester genap untuk SMK kelas X program keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. (2) Mengetahui tingkat kelayakan e-modul Flip PDF berbasis Predict Observe Explain (POE) berdasarkan proses uji validasi. (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan e-modul Flip PDF berbasis Predict Observe Explain (POE) pada mata pelajaran Kearsipan kelas X dengan peserta didik yang tidak menggunakan e-modul Flip PDF berbasis Predict Observe Explain (POE). Rancangan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model Borg Gall dengan langkah-langkah (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) Perencanaan (3) Pengembangan format produk awal (4) Uji coba lapangan awal (5) Revisi hasil uji coba (6) Uji coba lapangan terbatas (7) Revisi produk hasil uji coba lapangan (8) Uji pelaksanaan lapangan. Mengetahui kelayakan e-modul yang dibuat peneliti menggunakan angket ahli materi angket ahli media dan angket uji coba lapangan terbatas. Hasil dari penelitian pengembangan ini diantaranya (1) Produk berupa e-modul Flip PDF pada mata pelajaran Kearsipan pada materi semester genap untuk SMK kelas X program keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (2) Hasil validasi materi sebesar 97 5% ahli media sebesar 96% dan uji coba lapangan terbatas sebesar 94 6%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dihasilkan dalam kategori sangat valid/layak untuk digunakan sebagai sumber dan media pembelajaran (3) Rata-rata hasil belajar dari aspek kognitif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan e-modul Flip PDF berbasis Predict Observe Explain (POE) pada mata pelajaran Kearsipan terbukti efektif dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Blitar. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan maka saran yang dapat peneliti berikan adalah (1) Penggunaan e-modul dalam proses pembelajaran disekolah hendaknya tidak lepas dari bimbingan guru agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan proses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif (2) Pengguna baik guru maupun peserta didik diharapkan memahami cara dalam mengoperasikan e-modul supaya nantinya dalam pembelajaran tidak ada kesalahan (3) Pemanfaat dan penggunaan e-modul sebaiknya disertai dengan buku-buku penunjang agar semakin memperkaya dan memperluas pengetahuan belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29427 |
Actions (login required)
View Item |