Pengaruh efikasi diri, minat belajar, fasilitas belajar di rumah, dan latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang / Lutfi Fatmasari

Fatmasari, Lutfi (2019) Pengaruh efikasi diri, minat belajar, fasilitas belajar di rumah, dan latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang / Lutfi Fatmasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fatmasari, Lutfi. 2019. Pengaruh Efikasi Diri, Minat Belajar, Fasilitas Belajar Di Rumah, dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sarbini, M.Pd. Kata kunci: efikasi diri, minat belajar, fasilitas belajar di rumah, latar belakang pendidikan orang tua, hasil belajar Keberhasilan proses belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, faktor yang berasal dari dalam maupun dari luar peserta didik, antara lain efikasi diri, minat belajar, fasilitas belajar di rumah, dan latar belakang pendidikan orang tua. Tujuan penelitian: (1) Deskripsi efikasi diri, minat belajar, fasilitas belajar di rumah, dan latar belakang pendidikan orang tua; (2) Deskripsi hasil belajar peserta didik; (3) Pengaruh efikasi diri, minat belajar, fasilitas belajar, latar belakang pendidikan orang tua secara parsial terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisisi deskriptif analisis regresi linier berganda. Variabel bebas yaitu efikasi diri (X1), minat belajar (X2), fasilitas belajar di rumah (X3), dan latar belakang pendidikan orang tua (X4), dan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen dengan jumlah 256 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling dengan jumlah sebesar 157 peserta didik. Skala dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan rentang 5 alternatif jawaban. Hasil belajar diklasifikasikan sangat kompeten (95 ÔÇô 100), kompeten ( 90 ÔÇô 94), cukup kompeten (80 ÔÇô 89), tidak kompeten (75 - 79), sangat tidak kompeten (0 ÔÇô 74). Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden dan data skunder diperoleh dari guru tentang niali peserta didik terkait aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada rapor tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) Kuesioner; dan (2) Dokumentasi. Uji kelayakan instrumen ini dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data desriptif, dan analisisi linier berganda. Sebelum dilakukan analisis berganda, dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikoleniaritas, dan uji heteroskedatisitas. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa: (1) Efikasi diri diklasifikasikan baik; (2) Minat belajar diklasifikasikan baik; (3) Fasilitas belajar di rumah diklasifikasikan baik; (4) Latar belakang pendidikan orang tua diklasifikasikan baik; (5) Hasil belajar diklasifikasikan cukup tinggi. Hasil uji asumsi klasik menunjukan bahwa: (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal pada gambar Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual; (2) Model Regresi tidak terjadi multikoleniaritas yang terlihat pada nilai VIF ˂ 10 dan mempunyai angka Tolerance > 0, 10; (3) Model regresi tidak terjadi heteroskedestisitas terlihat pada grafik scatterplot yang tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar secara acak di atas dan di bawah angka ii 0 pada sumbu Y. hasil uji hipotesis menunjukan bahwa: (1) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar peserta didik; (2) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik; (3) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar peserta didik; (4) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar peserta didik. Nilai Adjusted R Square sebesar (-0,004), karena bernilai negatif nilai tersebut dianggap 0, atau dapat dikatakan variabel bebas sama sekali tidak dapat menjelaskan varians dari variabel terikat. Peneliti menyarankan: (1) Bagi sekolah sebaiknya menerapkan sikap disiplin pada diri peserta didik, sehingga ketika proses pembelajaran berlangsung peserta didik dapat menerapkan sikap disiplinya dan dapat mengerjakan tugas yang diberikan dengan cepat; (2) Bagi guru sebaiknya lebih banyak memberikan hadiah kepada peserta didik. Hadiah dapat berupa pujian, nilai maupun hadiah lain yang dapat menumbuhkan minat peserta didik pada mata pelajaran tertentu; (3) Bagi peserta didik sebaiknya melengkapi fasilitas belajarnya dirumah, sehingga peserta didik dapat belajar dengan mudah secara mandiri dirumah; (4) Bagi orang tua peserta didik sebaiknya lebih berusaha lagi untuk memberikan waktu menemani anak belajar saat dirumah, sehingga anak akan lebih bersemangat lagi ketika belajar mandiri dirumah; (5) Saran berikutnya ditujukan kepada peneliti selanjutnya, sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait variabel lain yang diduga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik selain dari efikasi diri, minat belajar, fasilitas belajar, dan latar belakang pendidikan orang tua. Misalnya, faktor kesehatan, cacat tuguh, intelegensi, perhatian, bakat kematangan, kesiapan, faktor kelelahan, relasi antar angota keluarga , keadaan ekonomi keluarga, kegiatan siswa di lingkungan masyarakat, mass media, teman bergaul, bentuk kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29423

Actions (login required)

View Item View Item