Sugiyanti, Devi Permata (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis edmodo pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X OTKP SMK PGRI 2 Malang) / Devi Permata Sugiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Sugiyanti Devi Permata. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Peserta didik Kelas X OTKP SMK PGRI 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci Media Pembelajaran Edmodo Otomatisasi Perkantoran Hasil Belajar Salah satu cara untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih interaktif sekaligus mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran adalah dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis Edmodo. Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pembelajaran Otomatisasi Perkantoran diperoleh informasi bahwa pembelajaran yang dilakukan lebih banyak menggunakan metode ceramah serta penugasan selain itu sumber belajar yang digunakan oleh peserta didik masih dinilai belum mencukupi untuk menunjang proses pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran Edmodo pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran Kompetensi Dasar Menerapkan Prosedur Kegiatan Rapat (Teleconference) kepada peserta didik kelas X OTKP di SMK PGRI 2 Malang (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Edmodo pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran (3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X OTKP SMK PGRI 2 Malang mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R D). Rancangan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini dari model Borg Gall yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian sehingga menjadi delapan langkah penelitian. Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Edmodo yang dibuat peneliti menggunakan angket ahli media ahli materi dan uji kelompok kecil. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) produk berupa Edmodo untuk pendidik yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran. Media dalam bentuk word powerpoint video kuis dan polling yang dapat diakses secara dalam Edmodo (2) Rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran Edmodo pada ranah kognitif psikomotorik maupun afektif lebih unggul dibandingkan hasil belajar peserta didik saat melaksanakan pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran Edmodo Saran pemanfaatan media pembelajaran Edmodo bagi peneliti selanjutnya yaitu agar menambahkan materi lebih lanjut serta menggunakan media pembelajaran Edmodo pada mata pelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29420 |
Actions (login required)
View Item |