Maudina, Mega (2019) Pengembangan ebook berbasis Sigil kelas X Paket Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK PGRI 2 Malang / Mega Maudina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Maudina Mega. 2019. Pengembangan Ebook Berbasis Sigil Kelas X Paket Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. H. Agung Winarno M.M Kata kunci ebook sigil software teknologi perkantoran Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dimanfaatkan untuk membuat sumber belajar yang menarik bagi siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif untuk dapat berpikir secara kreatif dan mandiri. Penyajian buku tidak lagi dikemas secara konvensional berupa buku cetak namun buku dapat disajikan dalam bentuk digital yaitu elektronic book. Ebook merupakan singkatan dari electronic book dalam bahasa Indonesia disebut sebagai buku digital. Software atau aplikasi yang digunakan untuk membuat ebook pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran semester 2 adalah sigil. Sigil merupakan singkatan dari Sea Digital Learning. Sigil adalah sebuah software editor yang dapat digunakan untuk membuat ebook berformat .epub yang berisi teks gambar maupun audio dan bersifat opensource (gratis). Pengembangan ebook berbasis sigil diharapkan bisa menjadi sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran di mana pengembangan ebook ini akan lebih dispesifikkan terhadap materi yang akan disampaikan kepada siswa. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan ebook berbasis sigil pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran semester 2 kelas X Paket Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang dan (2) menguji kelayakan dan kevalidan dari ebook berbasis sigil pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran berdasarkan uji validasi ahli dan pengguna. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R D). Sedangkan Model pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dari Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti menjadi 8 langkah sebagai berikut (1) Penelitian Awal (2) Pengumpulan Data (3) Pengembangan Draft Produk Awal (4) Uji Coba Produk Awal (5) Revisi Hasil Uji Coba (6) Uji Coba Lapangan (7) Revisi Produk Final dan (8) Produk Akhir. Validasi menghasilkan dua jenis data yaitu data yang berupa hasil skor validasi sebagai data kuantitatif dan kritik maupun saran sebagai data kualitatif. Analisis data yang diperoleh selanjutnya diolah oleh peneliti. Peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif prosentase yaitu teknik mengubah data kuantitatif menjadi bentuk prosentase yang selanjutnya dijelaskan menggunakan kalimat kuantitatif. Hasil validasi yang diperoleh ebook berbasis sigil dari ahli ebook sebesar 84% dengan kriteria sangat valid sedangkan hasil validasi dari ahli materi sebesar 80% dengan kriteria cukup valid dan hasil validasi pengguna yang didapat dari uji coba produk sebesar 86 76% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan ketiga hasil validasi tersebut dapat diperoleh rata-rata sebesar 83 59% dengan kriteria sangat valid. Hal tersebut menunjukkan bahwa ebook berbasis sigil pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran untuk semester 2 sangat efektif dan layak digunakan sebagai sumber belajar di SMK PGRI 2 Malang. ii Saran dari peneliti dengan adanya ebook berbasis sigil ini siswa dapat menggunakan dan mengakses ebook berbasis sigil melalui smartphone komputer maupun laptop sebagai media yang akan digunakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran untuk semester 2. Ebook berbasis sigil sebaiknya disempurnakan dengan menggunakan beberapa aplikasi/software yang lain agar dapat memuat kuis yang interaktif. Misalnya Hot Potatoes atau Quiz Maker.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Mar 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29417 |
Actions (login required)
View Item |