Andriana, Istiyah (2023) Pengembangan aplikasi interaktif “Si Darasia” berbasis android dengan materi sistem peredaran darah manusia untuk kelas V di sekolah dasar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Aplikasi interaktif berbasis android dengan materi sistem peredaran darah manusia untuk kelas V SD adalah media yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini. Tujuan penelitian dan pengembangan media untuk menghasilkan produk yang valid menurut ahli materi, ahli media, guru, serta praktis menurut peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD), dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri Tanjungrejo 2 dan SD Negeri Tanjungrejo 5 Malang. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Pengembangan media mendapatkan hasil rata-rata kevalidan sebesar 93,2% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan media mendapatkan hasil rata-rata sebesar 85% dengan kriteria sangat praktis. Kesimpulan yang diperoleh melalui hasil uji validitas dan kepraktisan adalah media pembelajaran yang dihasilkan berupa aplikasi interaktif “Si Darasia” berbasis android dengan materi sistem peredaran darah manusia sangat valid dan sangat praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran untuk peserta didik kelas V di SD.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; media interaktif; sistem peredaran darah manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:05 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:07 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2941 |
Actions (login required)
View Item |