Pengembangan modul mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi media promosi pemasaran (studi pada kelas XI Kompetensi Keahlian Adper di SMK PGRI Turen Malang) / Novita Nanda Marini

Marini, Novita Nanda (2019) Pengembangan modul mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi media promosi pemasaran (studi pada kelas XI Kompetensi Keahlian Adper di SMK PGRI Turen Malang) / Novita Nanda Marini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Marini, Novita.N. 2019. Pengembangan Modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Media Promosi Pemasaran Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen. Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Yuli Agustina, S.Pd., S.E., M.M. Kata Kunci: modul, guided inquiry, hasil belajar Pendidikan memegang peranan penting untuk peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan kretaifitas dari seorang guru dalam mengajar. Salah satunya yaitu dengan menggunakan bahan ajar yang berupa modul. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan berbasis Guided Inquiry untuk peserta didik SMK Kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran. (2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan berbasis Guided Inquiry melalui hasil validasi. (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan modul dengan peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan modul mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan berbasis Guided Inquiry. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model, Borg and Gall, dengan langkah-langkah: (1) Analisis kebutuhan, (2) Penyusunan draft produk, (3) Validasi ahli materi dan ahli modul, (4) Revisi draft produk, (5) Uji coba produk, (6) Revisi produk, (7) Uji pemakaian produk, (8) Penyempurnaan produk, (9) Produk akhir dan pembuatan master produk. Subjek penelitian modul yang dikembangkan divalidasi oleh satu orang dosen program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai ahli Modul Pembelajaran. Dua orang guru mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK PGRI Turen sebagai ahli Materi, dan 6 orang peserta didik Kelas XI Administrasi Perkantoran sebagai subjek uji coba kelompok kecil. Hasil dari penelitian dan pengembangan menunjukkan: (1) Hasil validasi ahli modul, ahli materi dan peserta didik pada uji coba terbatas menunjukkan kriteria sangat valid sehingga modul layak digunakan. (2) Hasil belajar menunjukkan rata-rata peserta didik kelas eksperimen lebih besar dari peserta didik kelas kontrol. (3) Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,6 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 77,8 artinya terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga modul efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah: (1) Bagi guru disarankan untuk menggunakan modul sebagai pendukung kegiatan pembelajaran dan mendalami materi yang terdapat pada modul, (2) Bagi peserta didik sebaiknya mempelajari modul sebelum melakukan pembelajaran agar memahami langkah-langkah yang ada dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29409

Actions (login required)

View Item View Item