Pengembangan modul mata pelajaran administrasi kepegawaian berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik / Dita Cahyani

Cahyani, Dita (2019) Pengembangan modul mata pelajaran administrasi kepegawaian berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik / Dita Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i i ABSTRAK Cahyani, Dita. 2019. Pengembangang Modul Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas XII APK 1 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd., M. M. Kata kunci: modul, guided inquiry, kemandirian belajar, hasil belajar Penelitian pengembangan yang dilakukan oleh peneliti ini didasari atas terbatasnya bahan ajar pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian. Berdasarkan pengamatan awal di lapangan, diketahui bahwa bahan ajar belum tersedia, sehingga peserta didik menjadi kurang mandiri dalam belajar, serta belum dapat mencapai hasil belajar secara maksimal. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik adalah tidak tersedianya bahan ajar yang komunikatif, sistematis, dan menarik bagi peserta didik. Proses pembelajaran dengan menggunakan modul yang diintegrasikan dengan strategi pembelajaran guided inquiry diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik, sehingga peserta didik dapat membangun sendiri pengetahuannya serta aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah 1) menghasilkan bahan ajar berupa Modul Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Berbasis Guided Inquiry untuk peserta didik SMK/MAK Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran, 2) mengetahui kelayakan Modul Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Berbasis Guided Inquiry yang telah dikembangkan uji validasi dan uji coba modul pada kelompok kecil, dan 3) mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar peserta didik antara peserta didik yang menggunakan Modul Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Berbasis Guided Inquiry dengan peserta didik yang tidak menggunakan modul tersebut Rancangan penelitian ini merupakan hasil modifikasi dari model penelitian pengembangan Borg and Gall (dalam Sugiyono, 2016:409) melalui Sembilan langkah penelitian yaitu 1) analisis kebutuhan, 2) penyusunan draft produk, 3) uji ahli materi dan ahli modul, 4) revisi draft produk, 5) uji coba produk, 6) revisi produk, 7) uji pemakaian produk, 8) penyempurnaan produk, 9) produk akhir dan pembuatan master produk. Validasi modul dilakukan oleh satu orang dosen program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang selaku ahli modul, satu orang guru mata pelajaran Administrasi Kepegawaian di SMK Muhammadiyah 3 Singosari selaku ahli materi, dan enam orang peserta didik kelas XII APK 3 selaku user (pengguna modul). Berdasarkan hasil analisis data hasil validasi diketahui bahwa modul ini termasuk dalam kriteria sangat valid/sangat layak untuk digunakan dengan persentase rata-rata validasi sebesar 96.87%. Dari aspek efektivitas produk diperoleh data bahwa modul ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran, dilihat dari perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol ii ii yaitu sebesar 83.98 dan 79.72 serta perbedaan rata-rata kemandirian belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu sebesar 83% dan 73%. Saran bagi pengembangan lebih lanjut, guru mata pelajaran Administrasi Kepegawaian dan peserta didik untuk menggunakan modul ini sebagai alternative bahan ajar untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29408

Actions (login required)

View Item View Item