Pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan hasil belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja siswa (studi pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XII SMK PGRI 1 Tulungagung) / Rizka Feptya Anggraini

Anggraini, Rizka Feptya (2019) Pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan hasil belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja siswa (studi pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran kelas XII SMK PGRI 1 Tulungagung) / Rizka Feptya Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraini, Rizka F. 2019. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Terhadap Kesiapan Kerja (Studi Pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran Kelas XII SMK PGRI 1 Tulungagung). Skripsi. Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. I Nyoman Suputra, M.Si. Kata Kunci: pengalaman praktik kerja industri, hasil belajar mata pelajaran produktif, kesiapan kerja. Tidak seimbangnya antara lapangan pekerjaan dengan pencari kerja menyebabkan banyak orang yang tidak mendapatkan kesempatan untuk bekerja. Kesiapan kerja dari lulusan SMK dituntut untuk lebih siap dibandingkan dengan sekolah sederajat lainnya. Pemerintah telah memberikan link and mach pada SMK yaitu pelatihan secara langsung kedalam dunia kerja sesuai dengan bidangnya. Pengalaman praktik kerja industri dapat memberikan gambaran secara penuh mengenai dunia kerja yang nyata sehingga dapat mendorong peserta didik untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Penguasaan yang tinggi terhadap mata pelajaran produktif idealnya menandakan bahwa peserta didik memiliki pengetahuan mengenai bidang kejuruan secara teoritis sehingga menunjang kesiapan kerja. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengalaman praktik kerja industri (X1) dan hasil belajar mata pelajaran produktif (X2), sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kesiapan kerja (Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi pengalaman praktik kerja industri, hasil belajar mata pelajaran produktif, dan kesiapan kerja peserta didik kelas XII SMK PGRI 1 Tulungagung; (2) pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja (3) pengaruh hasil belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja, dan (4) pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan hasil belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui regresi linier berganda dan uji hipotesis. Populasi penelitian adalah 121 dengan jumlah sampel 93 peserta didik menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder berupa kuesioner dan nilai rapor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengalaman praktik kerja industri peserta didik kelas XII SMK PGRI 1 Tulungagung program keahlian Administrasi Perkantoran dalam kategori baik, hasil belajar mata pelajaran produktif dalam kategori baik, dan kesiapan kerja dalam kategori baik; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja; (3) tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja; (4) terdapat pengaruh secara simultan antara pengalaman praktik kerja industri dan hasil belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja kelas XII SMK PGRI 1 Tulungagung Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan: (1) bagi peserta didik , indikator kesiapan kerja berupa mudah mengenal dan beradaptasi dengan rekan kerja perlu diperbaiki untuk mendukung kesiapan kerja. Memperluas pengetahuan produktif bidang Administrasi Perkantoran perlu dilakukan melalui buku maupun sumber internet agar mendukung kesiapan kerja. (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian untuk mengetahui variabel-variabel lain yang mempengaruhi kesiapan kerja peserta didik guna memberikan manfaat yang lebih bagi sekolah dan peserta didik pada khususnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29406

Actions (login required)

View Item View Item