Pengembangan media pembelajaran berbasis ispring suite 8 pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Nur Alfiatur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis ispring suite 8 pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Nur Alfiatur Rohmah

Rohmah, Nur Alfiatur (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis ispring suite 8 pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Nur Alfiatur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rohmah N. A. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 Pada Mata Pelajaran Korespondensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Smk Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sutrisno M.M. Kata Kunci Media pembelajaran Ispring Suite 8 hasil belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi khususnya pada mata pelajaran Korespondensi di jurusan administrasi perkantoran terdapat beberapa permasalahan yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Masalahnya yaitu pada saat proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa masih cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 dengan melakukan uji coba media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 pada kompetensi dasar Menerapkan Tata Naskah Surat-Menyurat Bahasa Indonesia (3) Mengetahui perubahan hasil belajar pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran dan dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Berdasarkan tujuan tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran dengan model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 (sepuluh) langkah yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) produksi masal. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 pada Kompetensi Dasar Menerapkan Tata Naskah Surat-Menyurat Bahasa Indonesia pada mata pelajaran Korespondensi yang telah tervalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media yang dilakukan dua kali yaitu sebesar 98 00% pada validasi 1 dan 100% validasi 2 dalam kategori sangat layak dan ahli materi sebesar 96 00% dengan kategori sangat layak. Media juga mendapat respon positif peserta didik sebesar 92 82% dengan kategori sangat layak yang dikumpulkan melalui angket subyek uji coba kelompok kecil selain data hasil validasi serta angket subyek uji coba kelompok kecil pengembangan ini juga melihat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif sebesar 88 02% dan 77 67% sedangkan belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah psikomotor sebesar 85 35% dan 76 67%. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol baik pada ranah kognitif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi tujuan dari penelitian pengembangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29405

Actions (login required)

View Item View Item