Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (studi pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X SMK Negeri 1 Pasuruan) / Dimas Trisna Aji Prasetyo

Prasetyo, Dimas Trisna Aji (2019) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (studi pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X SMK Negeri 1 Pasuruan) / Dimas Trisna Aji Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Prasetyo, Dimas Trisna Aji. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. I Nyoman Saputra, M.Si. Kata Kunci: kompetensi guru, motivasi belajar, dan prestasi belajar Dalam setiap pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan mengengah, guru merupakan sentral pelaksanaan kurikulum. Guru merupakan faktor paling menentukan dalam sistem pendidikan. Oleh karena itu, guru harus memiliki kompetensi yang diperlukan agar siswa memiliki motivasi belajar tinggi dan prestasi belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang kompetensi guru, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa, (2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa, (3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, (4) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama persepsi siswa tentang kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Negeri 1 Pasuruan dan sampel yang diambil sebanyak 70 siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK Negeri 1 Pasuruan menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumen. Skala yang digunakan dalam angket adalah skala Linkert. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar, (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar, (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan secara simultan kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. (4) Pengaruh motivasi belajar lebih besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Saran yang bisa diberikan oleh peneliti bagi guru yang tahu arti akan petingnya kompetensi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. dengan demikian, guru akan terus menerus mengembangkan kompetensi dalam mengajar agar motivasi belajar dan prestasi belajar siswa terus meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29403

Actions (login required)

View Item View Item