Pengaruh kesiapan belajar, motivasi belajar, sumber belajar, dan waktu belajar peserta didik mata pelajaran produktif bidang keahlian bisnis dan manajemen kelas X SMK Negeri 1 Pasuruan / Dedy Dwi Rachmad Kurniawan

Kurniawan, Dedy Dwi Rachmad (2019) Pengaruh kesiapan belajar, motivasi belajar, sumber belajar, dan waktu belajar peserta didik mata pelajaran produktif bidang keahlian bisnis dan manajemen kelas X SMK Negeri 1 Pasuruan / Dedy Dwi Rachmad Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kurniawan, D. D. R. 2018. Pengaruh Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar, Sumber Belajar, Waktu Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Produktif Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Kelas X SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Drs. H. Gatot Isnani, M.Si. Kata Kunci: kesiapan belajar, motivasi belajar, sumber belajar, waktu belajar, hasil belajar Pendidikan merupakan kunci penting dalam proses pembangunan, melalui pendidikan diharapkan mampu menciptakan manusia yang cerdas, damai, dan terbuka sehingga tujuan pembangunan nasional dapat tercapai. Proses belajar mengajar adalah kegiatan utama dalam dunia pendidikan. Untukmencapai keberhasilan dalam sebuah proses belajar dilihat dari hasil belajar yang optimal. Hasil belajar yang optimal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya, kesiapan belajar, motivasi belajar, dan sebagainya. Kesiapan belajar yang baik terhadap hasil belajar merupakan modal yang besar artinya untuk mencapai atau memperoleh kesiapan diri terhadap hasil belajar yang baik, selain kesiapan belajar, motivasi belajar juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Adanya motivasi dapat mendorong peserta didik untuk memotivasi peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesiapan belajar, motivasi belajar, sumber belajar, waktu belajar dan hasil belajar; (2) pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar; (3) pengaruh motivasi terhadap hasil belajar; (4) pengaruh sumber belajar terhadap hasil belajar; (5) pengaruh waktu belajar terhadap hasil belajar;(6) pengaruh yang dominan antara variabel kesiapan belajar, motivasi belajar, sumber belajar, dan waktu belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yaitu penelitian dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti dan menemukan ada tidaknya pengaruh antara masing-masing variabel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kesiapan belajar (X1), motivasi belajar (X2), sumber belajar (X3), dan waktu belajar (X4) dengan variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X bidang keahlian Bisnis dan Manajemen SMK Negeri 1 Pasuruan yang berjumlah 252 peserta didik dengan sampel yang digunakan sebanyak 153 peserta didik. Pengambilan sampel ini menggunakan sampel proportional random sampling. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima ukuran dimulai dari opsi sangat setuju, setuju, cukup setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Jenis data adalah data ordinal yang dirubah menjadi data interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Untuk sumber data berasal dari data primer dan sekunder yang mana data primer berasal dari responden sedangkan data sekunder berasal dari TU dan Waka. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai gambaran umum, jumlah peserta didik, dan hasil belajar berupa nilai UTS semester gasal tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan metode wawancara digunakan ii untuk mendapatkan informasi awal dari Waka mengenai populasi dan hasil belajar peserta didik SMK Negeri 1 Pasuruan. Dalam penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik, yaitu: (1) uji normalitas; (2) uji heteroskedastisitas; (3) uji multikolinearitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) kesiapan belajar dalam klasifikasi baik; (2) motivasi dalam klasifikasi baik; (3) sumber belajar dalam klasifikasi baik; (4) waktu belajar dalam klasifikasi baik; (5) hasil belajar peserta didik menunjukkan klasifikasi cukup baik. Adapun deskripsi variabel hasil belajar peserta didik mata pelajaran produktif diperoleh gambaran bahwa 153 responden yang memiliki distribusi frekuensi hasil belajar peserta didik mata pelajaran produktif dengan rata-rata 78,78, nilai tersebut di atas nilai Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik mata pelajaran produktif program keahlian bisnis dan manajemen SMK Negeri 1 Pasuruan dikategorikan baik. Dengan standar deviasi 2,70 yang berarti sebaran nilai hasil belajar mata pelajaran produktif relatif homogen. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa: (1) Uji normalitas menunjukkan bahwa model regresi memenuhi asumsi normalitas; (2)Uji multikolinearitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas; (3) Uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejalah eteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara kesiapan terhadap hasil belajar; (2) tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar; (3) tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara sumber belajar terhadap hasil belajar; (4) tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara waktu belajar terhadap hasil belajar. Nilai Adjusted R Square 0,009 berarti 0,90% hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh kesiapan belajar, motivasi belajar, sumber belajar, waktu belajar, sisanya sebesar 99,10% diduga dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti faktor kesehatan, intelegensi, perhatian, minat, bakat, modif, kematangan, kesiapan, cara orang tua mendidik, keadaan ekonomi keluarga, teman bergaul, waktu sekolah, metode belajar, dan mass media. Variabel dominan yang mempengaruhi hasil belajar adalah waktu belajar. Peneliti menyarankan: (1) bagi kepala sekolah sebaiknya dapat memperhatikan sarana tempat belajar peserta didik di luar kelas yang baik dengan cara seperti memberikan fasilitas untuk peserta didik belajar bersama seperti taman, perpustakaan dll; (2) bagi guru diharapkan dapat memotivasi peserta didik untuk memberikan solusi ketika peserta didik mempunyai masalah dengan teman di kelas. Karena hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik; (3) bagi peserta didik sebaiknya mempu mengukur kekurangan ilmu pengetahuan sebagi tolok ukur untuk mencapai cita-cita, hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik; dan (4) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut terkait variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik selain dari kesiapan belajar, motivasi belajar, sumber belajar, waktu belajar. Misalnya fasilitas belajar, minat belajar, teman bergaul, metode pembelajaran guru, dan disiplin belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29402

Actions (login required)

View Item View Item