Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada matakuliah pratikum perkantoran (studi pada mahasiswa semester 7 Prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang) / Taspin Agustina Puspa

Puspa, Taspin Agustina (2019) Pengembangan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada matakuliah pratikum perkantoran (studi pada mahasiswa semester 7 Prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang) / Taspin Agustina Puspa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Puspa, Taspin Agustina. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Kinerja pada Matakuliah Praktikum Perkantoran (Studi pada Mahasiswa Semester 7 Prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M. Kata kunci : Instrumen penilaian, autentik, berbasis kinerja, psikomotorik, matakuliah praktikum perkantoran Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa instrumen penilaian autentik berbasis kinerja dalam kelompok Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) yaitu Praktikum Perkantoran dan mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian autentik berbasis kinerja Matakuliah Praktikum Perkantoran di Universitas Negeri Malang Penelitian dan pengembangan instrumen penilaian ini menggunakan model R & D menurut Borg dan Gall. Adapun tahap-tahap dalam model pengembangan R &D menurut Borg dan Gall yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan data, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draf produk, (4) Uji coba lapangan awal, (5) Revisi hasil uji coba, (6) Uji coba lapangan, (7) Penyusunan produk hasil uji coba lapangan, (8) Uji coba pelaksanaan lapangan, (9) Penyempurnaan produk akhir, (10) Desiminasi dan implementasi. Pengembangan instrumen penilaian ini hanya sampai pada tahap kelima. Produk hasil pengembangan divalidasi melalui 1 ahli validasi isi, 1 ahli validasi konstruk, subjek uji coba terbatas terdiri dari 4 dosen PADP sebagai pengguna instrumen penilaian, dan 31 mahasiswa semester 7 Prodi PADP sebagai pengguna Lembar Kerja Mahasiswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket dan data kualitatif berupa komentar dan saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan persentase. Produk hasil penelitian dan pengembangan berupa instrumen penilaian autentik berbasis kinerja pada kelompok Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran yaitu matakuliah Praktikum Perkantoran dalam bentuk cetak. Hasil validasi isi menunjukkan bahwa instrumen penilaian psikomotorik memiliki persentase rata-rata 92 % dengan kriteria kelayakan ÔÇ£sangat layakÔÇØ. Sedangkan validasi konstruk menunjukkan bahwa instrumen penilaian psikomotorik memiliki persentase rata-rata 93% dengan kriteria kelayakan ÔÇØsangat layakÔÇØ. Hasil uji coba terbatas pengguna menunjukkan tanggapan dosen PADP terhadap kepraktisan instrumen penilaian memiliki persentase 94% dengan kriteria ÔÇ£mudah digunakanÔÇØ dan uji coba terbatas pengguna ii Lembar Kerja Mahasiswa menunjukkan tanggapan mahasiswa terhadap Lembar Kerja Mahasiswa memiliki persentase 92% dengan kriteria ÔÇ£mudah digunakanÔÇØ.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29401

Actions (login required)

View Item View Item