Penerapan pendekatan savi dalam praktikum untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Islam Diponegoro Wagir Kabupaten Malang / Miftahur Rochmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan savi dalam praktikum untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Islam Diponegoro Wagir Kabupaten Malang / Miftahur Rochmah

Rochmah, Miftahur (2012) Penerapan pendekatan savi dalam praktikum untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Islam Diponegoro Wagir Kabupaten Malang / Miftahur Rochmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan SAVI Metode Praktikum Hasil Belajar Kimia. Kemampuan sains siswa Indonesia tergolong rendah terutama dalam mata pelajaran kimia. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya yaitu penggunaan metode ceramah yang dominan dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi berpusat pada guru. Hal ini bertentangan dengan kurikulum KTSP yang menyebutkan bahwa pendidikan sains (kimia) menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah sehingga pembelajaran menjadi berpusat pada siswa. Pendekatan SAVI adalah salah satu pendekatan yang mengintegrasikan unsur somatis auditori visual dan intelektual dalam pembelajaran sehingga menjadikan pembelajaran menjadi berpusat pada siswa. Pendekatan SAVI memiliki cakupan yang luas sehingga diperlukan suatu metode agar pendekatan SAVI dapat diterapkan langsung dalam pembelajaran. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menerapkan pendekatan SAVI adalah metode praktikum. Metode praktikum dapat membuat siswa secara aktif dan langsung dalam usaha memperoleh pengetahuan dan pemahaman teori melalui sebuah percobaan (somatis visual) serta membicarakan apa yang sedang dipelajari (auditori) dan memikirkan persoalan yang dihadapi serta membuat kesimpulannya (intelektual). Pembelajaran dengan metode praktikum dapat diterapkan dalam pembelajaan kimia. Berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan penelitian terhadap penerapan pendekatan SAVI pada mata pelajaran kimia. Penelitian ini diadakan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan SAVI dalam metode praktikum untuk meningkatan hasil belajar pada ranah kognitif dan afektif siswa pada mata pelajaran kimia. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA SMA Islam Diponegoro Wagir Kabupaten Malang pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan satu siklus. Hal ini dikarenakan pada siklus 1 permasalahan pembelajaran sudah terpecahkan dengan adanya hasil belajar siswa dan pelaksanaan pembelajaran yang sudah meningkat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan pengadaan tes yang dianalisis dengan menggunakan persentase dan t-test. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari perhitungan data observasi diketahui bahwa persentase penerapan pendekatan SAVI dalam metode praktikum memperoleh hasil 89 4%. Jika hasil tersebut dikonsultasikan dengan kriteria maka tergolong sangat baik. Pada hasil belajar kognitif uji hasil tes diperoleh nilai 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 6 685 yang dikonsultasikan db 10 dengan menggunakan uji signifikan 5% sehingga diperoleh 119905 119905 119886 119887 119890 119897 2 23 dan diketahui bahwa 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 lebih besar dari 119905 119905 119886 119887 119890 119897 yaitu 6 685 2 23. Data tersebut menunjukkan bahwa penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif kelas XI IPA pada mata pelajaran kimia di SMA Islam Diponegoro Wagir Kabupaten Malang dengan peningkatan yang signifikan. Sedangkan pada hasil belajar pada ranah afektif diperoleh persentase sebesar 93 9%. Jika hasil tersebut dikonsultasikan dengan kriteria maka tergolong sangat aktif. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SAVI dalam metode praktikum dapat meningkatkan hasil belajar kimia pada siswa kelas XI IPA SMA Islam Diponegoro Wagir Kabupaten Malang. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa permasalahan pembelajaran telah terselesaikan sehingga tidak perlu dilakukan pengulangan siklus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item View Item