Putra, Afif Suryana (2019) Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru pada aspek menguasai materi, struktur, dan konsep yang mendukung mata pelajaran yang diampu (studi pada guru kelas X Program Keahlian Manajemen Perkantoran SMK Negeri 2 Buduran Kabupaten Sidoarjo) / Afif Suryana Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Putra Afif Suryana. 2018. Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru pada Aspek Menguasai Materi Struktur dan Konsep yang Mendukung Mata Pelajaran yang Diampu (Studi pada Guru Kelas X Program Keahlian Manajemen Perkantoran SMK Negeri 2 Buduran Kabupaten Sidoarjo). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. H. Sutrisno M.M. Kata kunci Kompetensi Profesional Materi Struktur Konsep Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui upaya meningkatkan kompetensi profesional guru dalam mengusai materi struktur dan konsep yang mendukung mata pelajaran yang diampu (2) mengetahui hambatan yang ditemui guru dalam menguasai materi struktur dan konsep yang mendukung mata pelajaran yang diampu di kelas X SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari kata-kata dan tindakan informan serta dokumen-dokumen pendukung lainnya melalui serangkaian kegiatan pengamatan wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian adalah guru mata pelajaran adaptif (matematika) guru mata pelajaran normatif (pendidikan agama dan budi pekerti) guru mata pelajaran produktif (teknologi perkantoran) wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan peserta didik kelas X Manajemen Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Data dianalisis melalui tahapan-tahapan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk memastikan keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upayan meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menguasai materi struktur dan konsep yang mendukung mata pelajaran yang diampu sudah cukup baik namun ada beberapa aspek yang perlu untuk lebih dioptimalkan oleh guru seperti pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik kemampuan dalam menciptakan pembelajaran yang memicu vi keceriaan dan antusias peserta didik kesesuain rencana pelaksanaan pembelajaran dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Hambatan yang ditemui guru dalam menguasai materi struktur dan konsep yang mendukung mata pelajaran yang diampu diantaranya ketidak cocokan antara rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat guru dengan pengawas pengembangan materi ajar/bahan ajar dengan perkembangan zaman dan juga ketersediaan buku paket mata pelajaran tertentu. Saran yang ditujukan peneliti untuk guru agar selalu berusaha meningkatkan kemampuan atau kompetensinya baik melalui kegiatan belajar mandiri maupun kegiatan-kegiatan yang difasilitasi oleh pihak sekolah dan pemerintah. Selanjutnya guru dapat melakukan evaluasi terhadap kinerjanya untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ditemui dalam pembelajaran. Kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lanjutan atau meneliti lebih dalam setiap aspek yang menjadi fokus pada penelitian ini sehingga diperoleh hasil yang lebih lengkap dan lebih kompleks terkait setiap aspek penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29399 |
Actions (login required)
View Item |