Pengembangan instrumen penilaian autentik pada mata pelajaran administrasi umum kelas X Adper SMK PGRI 2 Malang (kompetensi dasar menerapkan komunikasi di tempat kerja dan melakukan komunikasi di tempat kerja) / Laksmi Diah Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian autentik pada mata pelajaran administrasi umum kelas X Adper SMK PGRI 2 Malang (kompetensi dasar menerapkan komunikasi di tempat kerja dan melakukan komunikasi di tempat kerja) / Laksmi Diah Rahmawati

Rahmawati, Laksmi Diah (2018) Pengembangan instrumen penilaian autentik pada mata pelajaran administrasi umum kelas X Adper SMK PGRI 2 Malang (kompetensi dasar menerapkan komunikasi di tempat kerja dan melakukan komunikasi di tempat kerja) / Laksmi Diah Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rahmawati Laksmi Diah. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang (Kompetensi Dasar Menerapkan Komunikasi di Tempat Kerja dan Melakukan Komunikasi di Tempat Kerja). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing H. Imam Bukhori S.Pd M.M. M.Pd Kata Kunci Penilaian Autentik Kognitif Afektif Psikomotorik Perkembangan zaman yang semakin pesat diberbagai bidang membawa dampak yang sangat pesat termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu upaya yang tengah dikembangkan saat ini adalah Kurikulum 2013. Perubahan kurikulum 2013 juga membawa perubahan dalam komponen perangkat pembelajaran salah satunya adalah penilaian. Penilaian yang digunakan dalam Kurikulum 2013 adalah Penilaian Autentik. Penilaian autentik merupakan pendekatan utama dalam penilaian hasil belajar oleh pendidik. Bentuk penilaian autentik mencakup penilaian berdasarkan pengamatan tugas ke lapangan portofolio projek produk jurnal kerja laboratorium dan unjuk kerja serta penilaian diri. Tujuan dari penelitian ini (1) Menghasilkan produk berupa instrument penilaian autentik (2) Mendeskripsikan kelayakan instrument penilaian autentik (3) Mengetahui kelayakan instrument penilaian dari aspek kognitif afektif dan psikomotorik siswa yang sesuai dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Administrasi umum kompetensi dasar menerapkan komunikasi ditempat kerja dan mempraktikkan cara melakukan komunikasi di tempat kerja kelas X Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian pengembangan R D (Research and Development). Produk yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pengembangan instrumen penilaian mata pelajaran Administrasi Umum kelas Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang pada kompetensi dasar Menerapkan komunikasi di tempat kerja dan Melakukan komunikasi di tempat kerja. Model penelitian pengembangan Borg and Gall (1989). Hasil penelitian ini diperoleh bahwa (1) Berdasarkan hasil validasi konstruk oleh validator ahli diperoleh bahwa perhitungan persentase menunjukkan item instrument penilaian kognitif yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat layak oleh dosen dengan persentase 84 5%. Penilaian afektif yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat layak oleh dosen dengan persentase 94 75%. Penilaian Psikomotorik yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat layak oleh dosen dengan persentase 95 45%. (2) Hasil validasi isi oleh validator ahli materi diperoleh bahwa penghitungan persentase item penilaian menunjukkan bahwa instrument penilaian autentik yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan layak dengan persentase 63 18%. (3) Berdasarkan hasil uji coba terbatas tentang analisis tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal diperoleh bahwa terdapat kesukaran soal dari 20 soal diperoleh hasil bahwa 18 soal dinyatakan mudah 1 soal dinyatakan sedang dan 1 soal dinyatakan sukar. Sedangkan untuk daya ii pembeda soal diperoleh daya pembeda soal dari 20 soal yang sudah ada dapat disimpulkan bahwa terdapat 1 soal dinyatakan sangat baik 1 soal dinayatakan baik 3 soal dinyatakan cukup dan 15 soal dinyatakan jelek. Sedangkan hasil uji pengguna/siswa instrument penilaian psikomotorik bahwa instrument penilaian psikomotorik sangat layak untuk digunakan. Saran pemanfaatan produk pengembangan instrument penilaian agar digunakan secara maksimal dengan efekti maka perlu dilakukan (a) produk yang dihasilkan tidak hanya diunakan hanya pada saat kelas X (b) banyak aspek yang dinilai dan proses penilaian yang memerlukan waktu yang cukup lama (c) perlu tenggang waktu pada saat penilaian (d) perlu penjelasan lebih sebelum siswa melangkah untuk melakukan tes praktik. Produk berupa instrument penilaian autentik yang dihasilkan masil perlu didiskusikan dengan pihak yang berkepentingan lainnya yaitu guru produktif Administrasi perkantoran dan Wakil Kepala sekolah bagian kurikulum untuk menyempurnakan produk akhir instrument penilaian autentik. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilanjutkan untuk uji coba terbatas pengembangan produk selanjutnya diharapkan melakukan uji coba dengan melihat keefektifan produk yang akan dikembangkan dengan cara membandingkan hasil penilaian dengan menggunakan produk dan hasil penilaian yang tidak menggunakan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29397

Actions (login required)

View Item View Item