Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran administrasi umum melalui model pembelajaran fan-n-pick (studi pada siswa kelas X administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Pasuruan) / Dwi Rokmanawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran administrasi umum melalui model pembelajaran fan-n-pick (studi pada siswa kelas X administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Pasuruan) / Dwi Rokmanawati

Rokmanawati, Dwi (2018) Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran administrasi umum melalui model pembelajaran fan-n-pick (studi pada siswa kelas X administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Pasuruan) / Dwi Rokmanawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii ABSTRAK Rokmanawati Dwi. 2018. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Administrasi Umum Melalui Model Pembelajaran Fan-N-Pick (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Smk Negeri 1 Pasuruan). Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si. Kata kunci Motivasi Hasil Belajar Fan-N-Pick Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran administrasi umum dengan menggunakan model Fan-N-Pick pada siswa kelas X APK 1 SMK Negeri 1 Pasuruan Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APK 1 SMK Negeri 1 Pasuruan sebanyak 35 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang berisi tahap perencanaan tahap pelaksanaan tindakan tahap pengamatan dan tahap refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi skala motivasi untuk mengukur motivasi belajar siswa dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan model Fan-N-Pick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran admnisitrasi umum. Langkah-langkah dalam proses pembelajaran menggunakan model Fan-N-Pick ada beberapa tahap yaitu guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen yang terdiri dari 4 siswa guru memberikan beberapa kartu soal kepada kelompok yang maju. Siswa pertama memegang kartu soal dan berkata pilihlah kartu yang kamu suka siswa kedua memilih kartu soal dan membaca soal yang terdapat di dalamnya siswa ketiga menjawab soal yang dibacakan siswa keempat menanggapi jawaban dari siswa ketiga. Rata-rata skor motivasi belajar siswa pada tindakan pra siklus adalah 44 2% dan rata-rata hasil belajar siswa pada tindakan pra siklus adalah 65 3 dengan siswa yang mencapai KKM sejumlah 9 siswa (25 71%). Setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model Fan-N-Pick pada siklus I rata-rata skor motivasi belajar siswa meningkat menjadi 61 4% dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I juga meningkat menjadi 72 1 dengan siswa yang mencapai KKM sejumlah 19 siswa (54 34%). Perbaikan dilakukan dari siklus I ke siklus II yaitu pada pengelolaan waktu ketrampilan guru dan alat yang digunakan. Pada siklus II ratarata skor motivasi belajar siswa meningkat menjadi 82% dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80 3 dengan siswa yang mencapai KKM sejumlah 28 siswa (80%). Berdasarkan hasil tersebut penelitian dinyatakan berhasil karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu 61619 70% dari keseluruhan siswa kelas X APK 1 memiliki motivasi belajar 61619 88 dan 61619 70% dari keseluruhan siswa telah mencapai KKM yaitu 61619 75 kemudian penelitian dihentikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29396

Actions (login required)

View Item View Item