Pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru, cara belajar, kemandirian belajar, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Indah Utari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru, cara belajar, kemandirian belajar, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Indah Utari

Utari, Indah (2018) Pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru, cara belajar, kemandirian belajar, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang / Indah Utari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Utari. I. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Variasi Mengajar Guru Cara Belajar Kemandirian Belajar dan Fasilitas Belajar terdapat Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produktif Kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Gatot Isnani M.Si. kata kunci persepsi siswa tentang variasi mengajar guru cara belajar kemandirian belajar fasilitas belajar hasil belajar Keberhasilan suatu pembelajaran tidak terlepas dari peran guru dalam proses belajar mengajar. Dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan cara mengajar yang membosankan dan kurangnya menggunakan variasi dalam mengajar. Hal ini menjadikan siswa tidak aktif dalam menjalani proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan persepsi siswa tentang variasi mengajar guru cara belajar kemandirian belajar fasilitas belajar dan hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang (2) Mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru cara belajar kemandirian belajar dan fasilitas belajar secara parsial terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang (3) Mengetahui pengaruh dominan persepsi siswa tentang variasi mengajar guru cara belajar kemandirian belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasional. Variabel bebas pada penelitian ini adalah persepsi siswa tentang variasi mengajar guru (X1) cara belajar (X2) kemandirian belajar (X3) fasilitas belajar (X4) dan variabel terikat adalah hasil belajar (Y). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang berjumlah 143. Berdasarkan rumus Isaac dan Michael diperoleh sampel 107 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik proportionate random sampling. Skala pengukuran yang digunakan skala Likert dengan 5 opsi jawaban yaitu sangat setuju setuju cukup setuju tidak setuju dan sangat tidak setuju. Jenis skala ini adalah skala ordinal yang dinaikkan menjadi data interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden dan data sekunder yang diperoleh dari guru tentang nilai siswa pada rapor semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) kuesioner (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Uji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan memberikan kuesioner kepada 30 responden di luar sampel penelitian. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Sebelum dilakukan analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) variabel persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dalam klasifikasi baik (2) variabel cara belajar dalam klasifikasi baik (3) variabel kemandirian belajar dalam klasifikasi baik (4) variabel fasilitas belajar dalam klasifikasi baik dan (5) hasil belajar siswa menunjukkan klasifikasi kurang. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal pada gambar Normal P-P Plot of Regression Standarized Residual (2) model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas yang terlihat pada nilai VIF 8804 10 dan mempunyai angka Tolerance 8805 0 10 (3) uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala heteroskedastisitas terlihat pada grafik scatterplot yang tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar. Perhitungan uji t diketahui bahwa (1) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang variasi mengajar guru terhadap hasil belajar siswa (2) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara cara belajar terhadap hasil belajar siswa (3) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa (4) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Nilai Adjusted R Square sebesar 0 003 berarti hasil belajar tidak dipengaruhi oleh variabel persepsi siswa tentang variasi mengajar guru cara belajar kemandirian belajar dan fasilitas belajar. Namun dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti faktor kesehatan intelegensi perhatian minat bakat motif kematangan kesiapan cara orang tua mendidik keadaan ekonomi keluarga teman bergaul waktu sekolah metode belajar dan mass media. Sehingga tidak ada variabel dominan yang mempengaruhi hasil belajar. Peneliti menyarankan (1) sebagai tenaga pendidik diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui variasi dalam mengajar. Memberikan motivasi yang dapat membuat siswa lebih aktif dan antusias mengikuti pelajaran dan memaksimalkan proses pembelajaran dengan menggunakan fasilitas yang tersedia atau menggunakan media lain agar proses pembelajaran menjadi efektif (2) bagi siswa sebaiknya lebih aktif dalam membaca bertanya dan antusias dalam proses pembelajaran. Mengevaluasi strategi dalam belajar menjaga konsentrasi saat proses pembelajaran dan tepat waktu dalam menyelesaikan tugas dari guru. Memanfaatkan fasilitas di sekolah secara maksimal dan merawat fasilitas sekolah dengan baik (3) bagi peneliti selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi untuk peneliti selanjutnya. Khsusnya bagi peneliti yang berminat mengadakan penelitian dengan mengambil topik yang sama dengan variabel lain yang berkaitan dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29395

Actions (login required)

View Item View Item