Febriantika, Nimas Dwiratu (2018) Pengembanganm modul korespondensi berbasis guided inquiry pada materi surat menyurat bahasa Inggris untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Kediri) / Nimas Dwiratu Febriantika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Febriantika Nimas Dwiratu. 2018. Pengembangan Modul Korespondensi Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Surat Menyurat Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa(Studi pada Siswa Kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Kediri). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Pembimbing Dr. Agus Hermawan GradDipMgt. M.Si. M.Bus. Kata Kunci Modul Korespondensi Surat Menyurat Bahasa Inggris Guided Inquiry Hasil Belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran korespondensi di SMK Negeri 2 Kediri belum tersedianya modul pembelajaran tentang Korespondensi khususnya dalam materi Surat Menyurat Bahasa Inggris yang sesuai dengan kurikulum 2013. Berdasarkan potensi yang ada di sekolah maka dilakukan penelitian dan pengembangan modul pembelajaran Korespondensi Bahasa Inggris Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan Pengembangan R D (Reseacrh and Development) oleh Borg and Gall yang tahapannya telah dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian yaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) penyusunan draft produk awal 4) uji ahli materi dan uji modul 5) revisi draft produk 6) uji kelompok kecil 7) penyempurnaan produk dan 8) uji kelompok besar. Subjek dari penelitan dan penembangan ini antara lain 1 ahli materi 1 ahli modul dan 9 siswa kelas X OTKP 3 sebagai uji coba kelompok kecil. Uji coba kelompok besar dilakukan oleh 35 siswa kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan modul dan 35 kelas X OTKP 2 sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan modul. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai post-test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil validasi ahli materi sebesar 87 5% dan validasi ahli modul sebesar 94 6%. Dari kedua hasil validasi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa modul Korespondensi Bahasa Inggris sangat valid dan dapat digunakan untuk uji coba dalam kelompok besar. Sedangkan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 84 6% menunjukkan bahwa modul cukup valid dan dapat diujicobakan ke dalam kelompok besar dengan sedikit revisi. Kelebihan produk pengembangan ini adalah 1) dapat membantu siswa belajar mandiri 2) membantu siswa dalam memahami pembelajaran korespondensi khususnya bahasa inggris 3) membantu materi terselesaikan dengan cepat. Sedangkan kelemahan produk pengembangan ini adalah 1) siswa menjadi kurang memperhatikan guru saat kegiatan belajar mengajar 2) bahasa inggris yang kurang dipahami oleh beberapa siswa 3) produk ini kurang mengasah kreativitas siswa dalam pembuatan surat menyurat bahasa inggris. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah adanya perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 91 60 dan rata-rata nilai kelas kontrol 68 17 yang berarti modul korespondensi bahasa inggris berbasis Guided Inquiry pada kompetensi dasar Menerapkan tata naskah surat menyurat Bahasa Inggris (English Correspondence)danMembuat naskah surat menyurat Bahasa Inggris (English Correspondence) yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |