Implementasi program taruna tahfidzul quran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sma negeri 1 ngimbang kabupaten lamongan / Devira Rohmawatus Sya\'adah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi program taruna tahfidzul quran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sma negeri 1 ngimbang kabupaten lamongan / Devira Rohmawatus Sya\'adah

Sya'adah, Devira Rohmawatus Sya'adah (2023) Implementasi program taruna tahfidzul quran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sma negeri 1 ngimbang kabupaten lamongan / Devira Rohmawatus Sya\'adah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan sebuah tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah yang memiliki pengaruh besar untuk menggerakkan seluruh warga sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah dapat mempengaruhi sebuah kualitas pembelajaran di sekolah. Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu dengan menciptakan program unggulan yang dapat menjadi daya tarik peserta didik untuk melakukan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) landasan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngimbang (2) upaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngimbang (3) strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan program taruna tahfidz qur rsquo an di SMA Negeri 1 Ngimbang (4) faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pelaksanaan program taruna tahfidz qur rsquo an di SMA Negeri 1 Ngimbang. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan penelitiannya studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan dengan berlatar di SMA Negeri 1 Ngimbang Kabupaten Lamongan. Informan dari penelitian adalah kepala sekolah wakil kepala sekolah pelatih program guru pamong dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Setelah itu data yang diperoleh peneliti dilakukan pengecekan keabsahan data melalui (1) uji kredibilitas dengan cara triangulasi sumber dan metode pengecekan anggota perpanjangan waktu pengamatan dan ketercukupan bahan referensi (2) uji ketergantungan dan (3) uji kepastian. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan mengenai penelitian ini antara lain (1) landasan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui program taruna tahfidz qur rsquo an adalah karena adanya peluang kuliah maupun kerja yang lebih mudah melalui jalur prestasi tahfidz kemudian kepala sekolah juga ingin merubah jenjang karir peserta didik yang diarahkan ke kedinasan (2) upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngimbang yaitu dengan menciptakan program taruna tahfidz qur rsquo an (3) strategi yang digunakan kepala sekolah dalam menciptakan program taruna tahfidz yaitu dengan koordinasi analisis SWOT dan pembentukan tim pengembang program sebagai langkah pertama kemudian dilanjutkan dengan melakukan kerja sama dengan pihak luar dilanjutkan dengan studi tiru pembentukan modul atau kurikulum khusus program taruna tahfidz dan uji coba di sekolah (4) Faktor pendukung yaitu berupa dukungan dari orang tua peserta didik dan masyarakat sekitar. Sedangkan faktor penghambatnya berupa perbedaan latar belakang peserta didik kemampuan guru yang berbeda dan fasilitas yang masih kurang. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti memberikan saran kepada beberapa pihak yaitu (1) Kepala SMA Negeri 1 Ngimbang untuk terus memperbaiki pelaksanaan program taruna tahfidz qur rsquo an dengan lebih optimal. Contohnya dengan mempersiapkan gedung yang dibutuhkan untuk berlatih sehingga dapat terbentuk boarding school guna untuk meningkatkan pengawasan terhadap peserta didik melakukan kunjungan ke lembaga yang sama menjalankan program ketarunaan yang sudah lebih lama berjalan dan berkembang mengadakan pelatihan-pelatihan rutin untuk guru pelatih dan tenaga kependidikan serta kepala sekolah senantiasa memberikan semangat dan motivasi sehingga ada kesadaran di diri pendidik maupun siswa dalam melaksanakan program taruna tahfidz (2) Pelatih SMA Negeri 1 Ngimbang lebih berkontribusi dalam pelaksanaan program taruna tahfidz di sekolah. Contohnya turut serta dalam mengikuti pelaksanakan kegiatan rapat dinas atau pertemuan rutin setiap tanggal 17 pelaksanaan evaluasi dan pengawasan ketertiban peserta didik setiap pagi (3) Peserta Didik SMA Negeri 1 Ngimbang lebih semangat dalam menjalankan pelaksanaan program unggulan sekolah untuk membantu kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan meningkatkan kemampuan yang dimiliki peserta didik. Contohnya mau untuk terus terbuka terkait masalah atau hambatan pada pelaksanaan program taruna tahfidz di sekolah dan (4) Peneliti selanjutnya hasil dari penelitian ini digunakan untuk melakukan pengembangan penelitian dan sebagai bahan referensi dengan konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan wawasan baru yang bersifat ilmiah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293936

Actions (login required)

View Item View Item