Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran korespondensi (studi pada kelas X Program studi Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Malang) / Tafdlila Auliya Nura Ashriyanti

Ashriyanti, Tafdlila Auliya Nura (2018) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran korespondensi (studi pada kelas X Program studi Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Malang) / Tafdlila Auliya Nura Ashriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Ashriyanti, Tafdlila Auliya Nura. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Korespondensi, Studi Pada Kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Malang, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash, Hasil Belajar Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan belajar mengajar. Karena dengan digunakannya media pembelajaran yang sesuai dan tepat dengan materi pelajaran, maka dapat membantu pendidik dalam menyampaikan materi sekaligus juga membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh pendidik. Karena mengingat semakin majunya jaman, maka ilmu pengetahuan teknologi dan komunikasi (IPTEK) pun ikut semakin berkembang. Maka dari itu, dengan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi dan komunikasi (IPTEK) tersebut perlu dimaksimalkan dalam penggunaan media khususnya dalam dunia pendidikan. Salah satu matapelajaran yang diajarkan di SMK Negeri 1 Malang ini yaitu korespondensi. Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk matapelajaran korespondensi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Malang ini memiliki tujuan, yaitu menghasilkan media pembelajaran yang interaktif guna membantu pendidik dalam menyampaikan materi dan membantu dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran korespondensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan sekaligus juga termasuk dalam jenis penelitian pengembangan, yang mana menggunakan prosedur pengembangan model 4D (Thiagarajan, dkk 1974:6), dengan melalui empat tahap yaitu (1) define (mendefinisikan), (2) design (merancang), (3) develop (mengembangkan), dan (4) disseminate (menyebarluas-kan). Jenis data yang nantinya akan diperoleh dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif, sedangkan instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes/soal, dan wawancara. Untuk teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif yang mana nantinya validator media dan materi memberikan penilaian secara kuantitatif dan kualitatif. Sebelum dilakukannya validasi dan uji coba, terlebih dahulu peneliti mengkonsultasikan kepada dosen pembimbing. Setelah didapat masukan, maka dilakukanlah revisi pada media, setelah dirasa cukup, baru dilakukan validasi materi yang mana dibantu oleh Ibu Hj. Aina Niawaty, S.Pd selaku guru mata pelajaran korespondensi di SMK Negeri 1 Malang, dan menghasilkan persentase sebesar 90.28%. Dilanjutkan dengan validasi media yang dilakukan oleh Bapak Joko Samudra, S.Kom., M.T menghasilan persentase sebesar 92.19%. Setelah dilakukan validasi materi dan media, dan didapati hasil bahwa media sudah layak, dilanjutkan lagi dengan dilakukannya uji coba terbatas, yang mana dalam pelaksanaannya dibantu oleh 6 (enam) siswa dari kelas X OTKP 3 dan X OTKP 1 dan mengahasilkan persentase sebesar 88.83%. Setelah dilakukan ii uji coba terbatas, dilanjutkan dengan uji coba luas yang dilaksanakan di kelas X OTKP 3 (kelas eksperimen), dan mengahasilkan persentase sebesar 92.63%. Dari semua hasil validasi dan uji coba, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah dapat dikatakan valid atau layak untuk dipergunakan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash ini mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut terlihat dari hasil pre-test dan post-test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata post-test kelas kontrol yaitu 88.78 sedangkan pada kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 90.29. Saran penggunaan yaitu, sebelum menggunakan media ini, terlebih dahulu baca buku petunjuk dan dalam pengoperasiannya harus tetap di bawah bimbingan pendidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29393

Actions (login required)

View Item View Item