Pengaruh pengalaman prakerin, efikasi diri, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha (studi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi tahun ajaran 2017/2018) / Roinsyiati Azizah

Azizah, Roinsyiati (2018) Pengaruh pengalaman prakerin, efikasi diri, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha (studi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi tahun ajaran 2017/2018) / Roinsyiati Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah, Roinsyiati. 2018. Pengaruh Pengalaman Prakerin, Efikasi Diri, dan Pengetahuan KewirausahaanTerhadapIntensi Berwirausaha(Studi Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 7 GondanglegiTahunAjaran 2017/2018). Skripsi. JurusanManajemen, Program Studi S1 PendidikanAdministrasi Perkantoran,FakultasEkonomi,UniversitasNegeri Malang. Pembimbing:Drs. I NyomanSuputra, M.Si. Kata kunci: pengalaman prakerin, efikasi diri, pengetahuan kewirausahaan, intensi berwirausaha Persaingan dalam dunia kerja di Indonesia sangatlah ketat, apalagi dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Di antara ratusan ribu atau bahkan jutaan orang yang melamar kerja tidak lebih dari 20% orang yang lolos dan mendapatkan pekerjaan sesuai yang diharapkan. Sisanya sebesar 80% dari mereka gagal dan mungkin akan menjadi pengangguran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guna mengurangi pengangguran yaitu dengan mengandalkan sektor pendidikan untuk mengubah pola pikir lulusannya dari yang semula mencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja sendiri atau dengan berwirausaha. Lembaga pendidikan yang mempunyai peran mencetak peserta didik yang mampu mempersiapkan lulusan menjadi wirausaha yaitu SMK. Pengalaman prakerin sangat penting dalam menumbuhkan intensi berwirausaha siswa. Pengalaman yang didapatkan dapat mengubah pola pikir siswa. Seseorang yang memiliki efikasi diriyang tinggi terhadap kemampuannya dalam berwirausaha dapat dikatakan orang tersebut memiliki intensi berwirausaha. Pengetahuan kewirausahaan yang didapatkan siswa di sekolah mempunyai peran dalam menumbuhkan intensi berwirausaha. Seseorang yang memiliki banyak pengetahuan mengenai kewirausahaan dapat dikatakan orang tersebut memiliki intensi berwirausaha yang tinggi. Penelitianinibertujuanuntukmengetahui:(1) deskripsi pengalaman prakerin, efikasi diri, pengetahuan kewirausahaan, dan intensi berwirausaha siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi; (2) pengaruh pengalaman prakerin terhadap intensi berwirausaha siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi; (3) pengaruh efikasi diri terhadap intensi berwirausaha siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi; (4) pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif; (5) variabel yang memiliki pengaruh secara dominan terhadap intensi berwirausaha siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang telah melakukan prakerin dan pernah berwirausaha sebanyak 40 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan tekniknon-probabilitysamplingdan menggunakan sampling jenuh. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa: (1)pengalaman prakerinsiswakelasXI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegitergolong sangat baik, efikasi diri siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegitergolongsangat baik,pengetahuan kewirausahaan siswa XI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi tergolong baik,sertaintensiberwirausahasiswakelasXI SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegitergolongsangat baik; (2)terdapatpengaruh yang positifdansignifikanpengalamanprakerinterhadapintensiberwirausahasiswakelas XI di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi; (3) terdapatpengaruh yang positifdansignifikanefikasidiriterhadapintensiberwirausahasiswakelas XI di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi; (4) terdapatpengaruh yang positifdansignifikanpengetahuankewirausahaanterhadapintensiberwirausahasiswakelas XI di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi; (5) variabelpengetahuan kewirausahaan merupan variabel yang paling berpengaruh terhadap intensi berwirausaha kelas XI di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Berdasarkanhasilpenelitian, dapatdisarankan: (1) Bagi siswa diharapkan mengikutiseluruhkegiatanwirausaha yang diselenggarakan di sekolahdenganbersungguh-sungguh agar mendapatkanpengalamanberwirausaha, mengembangkanketrampilanberwirausaha, sehinggasetelah lulus sekolahdapatmembukausahasecaramandiri, sertamemperluaspengetahuankewirausahaanmelaluibukumaupunsumber internet agar siapdalamberwirausahasetelah lulus sekolah; (2) Bagipeneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian untuk mengetahui variabel-variabellainsepertikeadaanekonomi, keadaanlapangankerja dan lain-lainyang mempengaruhi intensi berwirausaha siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29392

Actions (login required)

View Item View Item