Pengaruh pemanfaatan internet dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa (studi pada kelas X Otomatisasi Perkantoran mata pelajaran produktif di SMK Negeri 1 Jombang) / Nita Fatimah

Fatimah, Nita (2018) Pengaruh pemanfaatan internet dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa (studi pada kelas X Otomatisasi Perkantoran mata pelajaran produktif di SMK Negeri 1 Jombang) / Nita Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatimah, Nita. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Internet dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif (Studi Pada Kelas X Otomatisasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Jombang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra, M.Si. Kata kunci: pemanfaatan internet, efikasi diri, dan hasil belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Faktor intern yang mempengaruhi hasil belajar diperoleh dari efikasi diri (Self Efficacy) yang diartikan sebagai keyakinan seseorang terhadap apa yang dimilikinya. Keyakinan tersebut mendorong seseorang untuk mencapai keberhasilan dan mengatasi kesulitan yang dihadapi. Sementara faktor ekstern diperoleh dari pemanfaatan internet oleh siswa guna mengakses berbagai informasi yang berguna pada mata pelajaran produktif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan internet, efikasi diri siswa pada mata pelajaran produktif siswa kelas X Otomatisasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Jombang. (2) Mengetahui pengaruh secara positif dan signifikan pemanfaatan internet dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif kelas X Otomatisasi Perkantoran SMK Negeri 1 Jombang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 68 siswa kelas X Otomatisasi Perkantoran SMK Negeri 1 Jombang. Variabel penelitian meliputi pemanfaatan internet dan efikasi diri sebagai variabel bebas, serta hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan internet siswa termasuk dalam kategori tinggi. (2) Efikasi diri siswa juga berada pada kategori tinggi begitu pula hasil belajar siswa pada kategori baik. (3) Nilai sig. variabel pemanfaatan internet sebesar 0,002, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar. (4) Nilai sig. variabel moderasi efikasi diri sebesar 0,028, artinya efikasi diri memperkuat hubungan antara pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar. Oleh karena itu siswa diharapkan agar mempertahankan pemanfaatan internet yang baik dan efikasi diri dalam proses pembelajaran karena berpengaruh positif pada hasil belajar yang akan dicapai.  

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29391

Actions (login required)

View Item View Item