Strategi implementasi karakter religius peserta didik berbasis ma\'had (studi kasus di MAN Kota Batu) / Mohamad Akbar Fitroni</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi implementasi karakter religius peserta didik berbasis ma\'had (studi kasus di MAN Kota Batu) / Mohamad Akbar Fitroni</p>

Fitroni, Mohamad Akbar (2023) Strategi implementasi karakter religius peserta didik berbasis ma\'had (studi kasus di MAN Kota Batu) / Mohamad Akbar Fitroni</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karakter religius merupakan sebuah pola tingkah laku seseorang dalam berperilaku untuk melaksanakan nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perintah dan larangan agama. Karakter religius penting untuk dimiliki setiap peserta didik agar menjadi pribadi yang bermoral dan sesuai dengan nilai yang diajarkan di dalam agama. Karakter religius diajarkan di sekolah melalui pembelajaran di kelas kegiatan ekstrakulikuler ataupun kegiatan lain yang mendukung karakter religius. Dalam rangka menerapkan karakter religius peserta didik jenjang Madrasah Aliyah maka dibuatlah sebuah strategi implementasi karakter religius berbasis ma rsquo had. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) proses perencanaan strategi penerapan karakter religius peserta didik berbasis ma rsquo had di MAN Kota Batu (2) strategi penerapan karakter religius peserta didik berbasis ma rsquo had di MAN Kota Batu (3) pengawasan dan evaluasi strategi penerapan karakter religius peserta didik berbasis ma rsquo had di MAN Kota Batu (4) hambatan-hambatan dan solusi permasalahan dalam strategi penerapan karakter religius peserta didik berbasis ma rsquo had di MAN Kota Batu (5) faktor pendukung dalam strategi penerapan karakter religius peserta didik berbasis ma rsquo had di MAN Kota Batu. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitianya yaitu studi kasus. Lokasi penelitian yaitu berada di MAN Kota Batu. Informan penelitian ini yaitu penanggung jawab ma rsquo had kepala ma rsquo had sekretaris ma rsquo had pengasuh ma rsquo had pengajar diniyah demisioner OSMA (Organisasi Santri Ma rsquo had Al Ulya) santri ma rsquo had dan wali santri ma rsquo had. Proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Proses analisis data melalui empat tahap yaitu pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data peneliti menggunakan teknik uji validitas internal melalui meningkatan ketekunan dalam penelitian triangulasi data dan pengecekan anggota. Meningkatkan ketekunan dalam penelitian berarti peneliti datang berkali-kali ke lapangan untuk memperoleh data yang valid. Triangulasi data dilaksanakan dengan melalui tiga metode yaitu triangulasi sumber teori dan teknik. Pengecekan anggota dilaksanakan dengan narasumber mengecek transkrip hasil wawancara dan pemberian tanda tangan sebagai bukti data valid. Tahap-tahap penelitian dilaksanakan mulai dari perencanaan pelaksanaan dan penyusunan hasil penelitian. Hasil penelitian ini diantaranya (1) perencanaan strategi penerapan karakter religius berbasis ma rsquo had melalui beberapa tahapan yaitu koordinasi pemimpin ma rsquo had penyusunan program dan evaluasi program sebelumnya. Pihak yang berperan yaitu kepala madrasah kepala ma rsquo had dan pengasuh ma rsquo had. Perencanaan program menggunakan pendekatan rohani (2) strategi penerapan karakter religius berbasis ma rsquo had melalui beberapa program yaitu pembelajaran diniyah kepengasuhan pembiasaan amp penerapan budaya lomba kebersihan dan kebijakan santri non mukim (kalong) (3) fungsi pengawasan dijalankan oleh penanggung jawab ma rsquo had amp evaluasi disampaikan ketika rapat koordinasi (4) hambatan pelaksanaan yaitu curah hujan tinggi menghambat perjalanan santri utamanya dari ma rsquo had santri putri ke ruang pembelajaran diniyah yang ada di madrasah karena jalanya terbuka pengajar diniyah yang tidak dapat hadir santri yang heterogen tindakan pelanggaran santri dan program kebersihan kurang optimal. Solusi yang telah dilaksanakan yaitu pembelajaran diniyah secara daring memberikan ruang untuk menunjukkan potensi diri amp diadakan pekan qur rsquo ani pemberian sanksi amp pendekatan emosional dan evaluasi program (5) faktor pendukung pelaksanaan yaitu berasal dari masyarakat dan madrasah. Masyarakat mendukung dengan membantu mengawasi dan mendukung program yang berkaitan dengan masyarakat. Madrasah mendukung dengan menetapkan kebijakan dan dukungan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293908

Actions (login required)

View Item View Item