Pengaruh minat belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Kelompok Produktif (studi pada peserta didik kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang) / Rizal Ardiansyah

Ardiansyah, Rizal (2018) Pengaruh minat belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Kelompok Produktif (studi pada peserta didik kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang) / Rizal Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ardiansyah, R. 2018. Pengaruh Minat Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kelompok Produktif (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd. kata kunci: minat belajar, aktivitas belajar, hasil belajar Dalam era kemajuan teknologi dunia saat ini pendidikan merupakan hal yang dapat mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sebagian hasil belajar peserta didik masih belum optimal. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal. Peserta didik masih kurang memperhatikan penjelasan dari guru, selain itu tugas yang terlalu banyak dan kurangnya variasi dalam mengajar hal ini akan mempengaruhi minat belajar dan aktivitas belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kondisi minat belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar peserta didik; (2) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar; (3) pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar; (4) variabel manakah di antara minat belajar dan aktivitas belajar yang berpengaruh secara dominan terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif dan jenis penelitian adalah penelitian eksplanasi yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh kelas X jurusan administrasi perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang yang berjumlah 36 peserta didik dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi dengan menggunakan skala likert, dengan 4 opsi jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Sebelum menggunakan analisis regresi linear berganda, dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan sumbangan efektif dengan bantuan program SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi minat belajar dalam peserta didik dapat diklasifikasikan cukup tinggi, kondisi aktivitas belajar dalam peserta didik dapat diklasifikasikan cukup tinggi, kondisi hasil belajar dalam peserta didik dapat diklasifikasikan tinggi. (2) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan aktivitas belajar terhadap hasil belajar. (4) Variabel aktivitas belajar merupakan variabel dominan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan: (1) Bagi guru selalu mendorong peserta didik belajar lebih giat belajar dan melakukan aktivitas belajar yang baik (2) Bagi peserta didik agar terus meningkatkan minat belajar dan mempertahankan aktivitas belajar mereka (3) Bagi peneliti lain diharapkan dapat melaksanakan penelitian terhadap faktor internal dan eksternal lainnya yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29390

Actions (login required)

View Item View Item