Febriyanti, Safira Ayu (2023) Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan IPS di kelas IV SDI Az-Zahra Kabupaten Tulungagung. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh model problem based learningterhadapkemampuanberpikirkritissiswaantarakelas yang menggunakan model PBL dengan model konvensional. Penelitiandilaksanakan di kelas IV SDI AZ–Zahra KabupatenTulungagungpada semester satutahunpelajaran 2022–2023.Metodoepenelitiankuantitatif yang digunakanyaitujenispenelitianquasi-experimentdenganpenekananpadadesainnonequivalent control group.Instrumenberupasoaltesberjumlah 12 dalambentukpilihanganda.Outputtespretestdanposttestmerupakanmetodepengumpulan data. Uji-t digunakandalamteknikanalisis data.Output penelitianmenunjukkannilairata-rata siswayang menggunakan model problem based learning lebihtinggiyaitu 83,31dibandingkandengankelas yang tidakmenggunakan model problem based learning yaitusebesar 62,63. Nilaisignifikansi (2-tailed) yang diperolehdarianalisis data denganmenggunakanuji-t adalah 0,000 < 0,05. Olehkarenaitu, dapatdisimpulkanbahwa model problem based learningberpengaruhsignifikanterhadapkemampuanberpikirkritissiswapadamuatan IPS di kelas IV SDI Az-Zahra KabupatenTulungagung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning,kemampuan berpikir kritis, muatan IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 01:59 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 01:59 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2939 |
Actions (login required)
View Item |