Manajemen kurikulum muatan lokal berbasis pengembangan budaya dayak (studi kasus di sekolah menengah pertama negeri 3 bontang) / Dandy Bayu Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kurikulum muatan lokal berbasis pengembangan budaya dayak (studi kasus di sekolah menengah pertama negeri 3 bontang) / Dandy Bayu Firdaus

Firdaus, Dandy Bayu (2023) Manajemen kurikulum muatan lokal berbasis pengembangan budaya dayak (studi kasus di sekolah menengah pertama negeri 3 bontang) / Dandy Bayu Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Terjadinya pergeseran pola kebudayaan yang terjadi di tengah-tengah isu globalisasi patut menjadi perhatian bagi dari setiap bagian lapisan sektor masyarakat. Guna menjaga konsistensi pemahaman mengenai suatu kebudayaan tertentu bagi masyarakat banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan mendukung keberlangsungan eksistensi suatu budaya adalah melalui Pendidikan. Dalam dunia pendidikan pembelajaran mengenai kebudayaan diatur dalam sebuah format kurikulum yakni kurikulum muatan lokal. Kurikulum muatan lokal ini sendiri merupakan suatu sistem pendidikan yang menekankan pada potensi suatu daerah. Perlunya pengelolaan kurikulum muatan lokal menjadi salah satu perhatian penting agar tujuan pendidikan berbasis budaya dapat terlaksana dengan baik sehingga manajemen kurikulum muatan lokal harus mendapatkan perhatian untuk mencapai tujuan pendidikan. Fokus dalam penelitian ini mengenai 1) Implementasi budaya Dayak di suatu Lembaga pendidikan 2) Implementasi tradisi budaya Dayak yang dipraktikkan di suatu Lembaga 3) Manajemen kurikulum muatan lokal dan praktik kurikulum muatan lokal di SMP Negeri 3 Bontang 4) Kendala atau masalah dalam implementasi kurikulum muatan lokal dengan praktik budaya Dayak di suatu Lembaga pendidikan. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan Implementasi budaya Dayak di suatu Lembaga pendidikan 2) Mendeskripsikan Implementasi tradisi budaya Dayak yang dipraktikkan di suatu Lembaga 3) Mendeskripsikan Manajemen kurikulum muatan lokal dan praktik kurikulum muatan lokal di SMP Negeri 3 Bontang 4) Mendeskripsikan Kendala atau masalah dalam implementasi kurikulum muatan lokal dengan praktik budaya Dayak di suatu Lembaga pendidikan dan solusinya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di SMP Negeri 3 Bontang. Informasi dan data dikumpulkan melalui wawancara observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data sesuai dengan fokus penelitian kondensasi data dan penyajian data serta diakhir melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi 1) Implementasi tradisi budaya Dayak yang dipraktikkan di SMP Negeri 3 Bontang dilakukan untuk memberikan pemahaman dan pengenalan kepada peserta didik dan sebagai alat untuk pengembangan dan pendukung kebudayaan Dayak itu sendiri melalui kegiatan seni dan kebudayaan Dayak yang dilakukan oleh peserta didik Adapun tradisi budaya Dayak yang diimplementasikan di SMP Negeri 3 Bontang meliputi seni tari dan seni musik. Adapun seni tari yang diimplementasikan adalah seni Tari Tradisional Burung Enggang khas Dayak dan seni tari tradisional tarung senjata khas Dayak serta seni musik tingkilan tradisional khas Dayak. 2) Manajemen kurikulum muatan lokal dan praktik kurikulum muatan lokal di SMP Negeri 3 Bontang berorientasi pada kebudayaan Dayak dengan tujuan untuk membentuk peserta didik agar sesuai dengan adat Dayak. Adapun keseluruhan kegiatan yang berkaitan dengan kesenian dan kebudayaan Dayak telah diatur secara baik di dalam kurikulum operasional yang digunakan termasuk dalam RPP program tahunan program semester dan silabus 3) Kendala atau masalah dalam implementasi kurikulum muatan lokal dengan praktik budaya Dayak di SMP Negeri 3 Bontang adalah terkadang peserta didik merasa lelah merasa kesulitan untuk mempraktikkan kesenian Dayak terutama pada peserta didik baru. Hal ini diatasi dengan penyediaan berbagai macam sarana dan prasarana serta fasilitas yang mendukung dan menunjang pembelajaran kesenian dan kebudayaan Dayak. Saran dari penelitian ini adalah (1) Kepala SMP Negeri 3 Bontang agar mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis budaya Dayak (2) Guru Seni Budaya serta Wakil Kepala Bagian Kurikulum agar senantiasa selalu mengembangkan pembelajaran berbasis budaya Dayak menjadi lebih menarik agar peserta didik selalu antusias (3) Peneliti lain diharapkan untuk dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi dalam Menyusun kajian ilmiah (4) Ketua Departemen Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai tambahan kepustakaan departemen fakultas maupun perpustakaan Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:29
Last Modified: 26 Sep 2024 06:17
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293894

Actions (login required)

View Item View Item