Pengaruh Efikasi Diri, Kontinuitas Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Pemanfaatan Internet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang / Irani Ayu Amalia

Amalia, Irani Ayu (2018) Pengaruh Efikasi Diri, Kontinuitas Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Pemanfaatan Internet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang / Irani Ayu Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Amalia, I. A. 2018. Pengaruh Efikasi Diri, Kontinuitas Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Pemanfaatan Internet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Gatot Isnani, M.si. kata kunci: efikasi diri, kontinuitas belajar, kemandirian belajar, pemanfaatan internet, hasil belajar. Pendidikan merupakan cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam segala bidang dengan cara memberikan pelayanan dan kualitas yang baik. Kualitas pendidikan yang baik akan menghasilkan sumber daya manusia yang baik. Keberhasilan dalam sebuah proses belajar dilihat dari hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi efikasi diri, kontinuitas belajar, kemandirian belajar, dan pemanfaatan internet; (2) Pengaruh efikasi diri, kontinuitas belajar, kemandirian belajar, dan pemanfaatan internet secara parsial terhadap hasil belajar peserta didik; (3) Pengaruh dominan efikasi diri, kontinuitas belajar, kemandirian belajar, pemanfaatan internet terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasional. Variabel bebas pada penelitian ini adalah efikasi diri (X1), kontinuitas belajar (X2), kemandirian belajar (X3), pemanfaatan internet (X4), dan variabel terikat adalah hasil belajar (Y). Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X, XI, dan XII Administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang yang berjumlah 135 peserta didik. Berdasarkan rumus Issac dan Michael diperoleh sampel 100 peserta didik. Teknik sampling menggunakan proportionate random sampling. Skala pengukuran menggunakan skala Likert dengan 5 opsi jawaban. Jenis data data adalah data ordinal yang diubah menjadi data interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden dan data sekunder yang diperoleh dari guru tentang nilai peserta didik pada rapor semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) kuesioner, (2) dokumentasi. Uji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan memberikan kuesioner kepada 30 responden di luar sampel peserta didik kelas X dan XII jurusan Perbankan. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sebelum dilakukan analisis regresi linier berganda, dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa: (1) efikasi diri dalam klasifikasi baik; (2) kontinuitas belajar dalam klasifikasi baik; (3) kemandirian belajar dalam klasifikasi baik; (4) pemanfaatan internet dalam klasifikasi baik dan (5) hasil belajar peserta didik dalam klasifikasi baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukan bahwa: (1) model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat titik-titik menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal pada gambar normal P-P ii Plot of regression standarized residual; (2) model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas yang terlihat pada nilai VIF < 10 dan mempunyai angka Tolerance > 0,10; (3) uji heteroskedastisitas terlihat pada grafik scatterplot yang tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar. Perhitungan uji t diketahui bahwa; (1) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar peserta didik; (2) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara kontinuitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik; (3) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik; (4) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar peserta didik. (3) tidak ada variabel efikasi diri, kontinuitas belajar, kemandirian belajar dan pemanfaatan internet yang dominan terhadap hasil belajar. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,002 atau 0,2% hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh variabel efikasi diri, kontinuitas belajar, kemandirian belajar dan pemanfaatan internet, sisanya 99,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti faktor kesehatan, intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, kesiapan, cara orang tua mendidik, keadaan ekonomi keluarga, teman bergaul, waktu sekolah, metode belajar, dan mass media. Peneliti menyarankan; (1) bagi guru sebagai tenaga pendidik agar lebih memotivasi peserta didik untuk dapat meningkatkan hasil belajar secara lebih maksimal dan memiliki rasa tanggung jawab dan keyakinan diri yang kuat; (2) bagi peserta didik sebaiknya selalu bertanggung jawab dalam belajar, dengan cara mengumpulkan tugas tepat waktu, menyelesaikan tugas dengan baik; (3) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Misalnya faktor kesehatan, intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, kesiapan, cara orang tua mendidik, keadaan ekonomi keluarga, teman bergaul, waktu sekolah, metode belajar, dan mass media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29389

Actions (login required)

View Item View Item