Pengaruh fasilitas perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar peserta didik di madrasah aliyah se-kabupaten malang / Wahuma Suci Andini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh fasilitas perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar peserta didik di madrasah aliyah se-kabupaten malang / Wahuma Suci Andini

Andini, Wahuma Suci Andini (2023) Pengaruh fasilitas perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar peserta didik di madrasah aliyah se-kabupaten malang / Wahuma Suci Andini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kelengkapan fasilitas perpustakaan yang berada di sekolah yang memiliki dampak terhadap minat baca dan prestasi belajar peserta didik. Fasilitas perpustakaan merupakan semua bentuk peralatan perlengkapan serta pelayanan yang berada di perpustakaan yang bisa digunakan serta dinikmati oleh pengunjung sehingga bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Minat baca merupakan sebuah kegiatan yang mendrorong seorang pembaca untuk membaca buku karena ada perasaan senang tanpa ada keterpaksaan dalam artian kemauan sendiri. Sedangkan prestasi belajar merupakan hasil capaian peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan 1) fasilitas perpustakaan di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Malang 2) minat baca peserta didik di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Malang 3) prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Malang 4) pengaruh fasilitas perpustakaan dengan prestasi belajar peserta didik 5) pengaruh minat baca dengan prestasi belajar peserta didik dan 6) pengaruh fasilitas perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar peserta didik. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu jenis pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Adapun lokasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Malang. Untuk populasi dalam penelitian ini yakni peserta didik dengan jumlah 382 orang dengan menggunakan metode proportional random sample dan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan google form. Teknik analisis data yang digunakan yaitu program software IBM SPSS Statistic 25. Hasil dalam penelitian ini yaitu meliputi 1) Fasilitas perpustakaan di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Malang secara umum masuk dalam kategori baik. Adapun untuk mengetahui fasilitas perpustakaan tiap sekolah dihasilkan sekolah yang masuk pada kategori sangat baik yakni MAN 1 MAN 3 MAS Annur MAS Nurul Ichsan MAS Khoiruddin MA Ar-Ridlo MAS Nurul Huda MAS Al Amin MA Tarbiyatus Shibyan dan Mafatihul Huda. Adapun sekolah yang masuk pada kategori baik yakni MAN 2 MAS Al Islam MAS Ahmad Yani MA Nahdatul Ulama MAS Miftahul Huda Kepanjen MAS Miftahul Huda Kromengan MAS Ash-Shiddiqy MAS Al Amin MAS KH Hasyim Asyari MAS Al Ittihad MAS Al Maarif MAS Mambaul Ulum dan MAS Al Huda. 2) Minat baca di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Malang secara umum masuk masuk dalam kategori tinggi. Adapun untuk mengetahui minat baca tiap sekolah dihasilkan sekolah yang masuk pada kategori tinggi yakni MAN 1 MAN 2 MAN 3 MAS Al Islam MAS Annur MAS Nurul Ichsan MAS Ahmad Yani MA Nahdatul Ulama MAS Miftahul Huda Kepanjen MAS Miftahul Huda Kromengan MAS Ash-Shiddiqy MAS Nurul Huda MAS Al Amin MAS KH Hasyim Asyari MAS Al Ittihad MA Tarbiyatus Shibyan MAS Mambaul Ulum MAS Al Huda dan Mafatihul Huda. Adapun sekolah yang masuk pada kategori sedang yakni MAS Khoiruddin MA Ar-Ridlo MAS KH. Hasyim Asyari dan MAS Al Maarif. 3) Prestasi belajar melalui nilai raport peserta didik di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Malang dapat diketahui bahwa prestasi belajar masuk dalam kategori baik. Adapun untuk mengetahui prestasi belajar tiap sekolah dihasilkan sekolah yang masuk pada kategori sangat baik yakni MAN 1 MAS Nurul Ichsan MA Ar-Ridlo MAS Al Amin MAS Al Ittihad dan MA Tarbiyatus Shibyan. Adapun sekolah yang masuk pada kategori baik yakni MAN 3 MAS Annur MAS Khoiruddin MAS Ar-Ridlo MA Nahdatul Ulama MAS Ash-Shiddiqy MAS Nurul Huda MAS KH Hasyim Asyari dan MAS Al Huda. Adapun sekolah yang masuk pada kategori cukup yakni MAN 2 MAS Al Islam MAS Ahmad Yani MAS Miftahul Huda Kepanjen MAS Al Maarif MAS Mambaul Ulum dan MAS Mafatihul Huda. Adapun sekolah yang masuk pada kategori kurang baik yakni MAS Miftahul Huda Kromengan. 4) Hasil analisis penelitian variabel fasilitas perpustakaan dan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Malang yakni terdapat pengaruh positif signifikan antara fasilitas perpustakaan terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Malang. Hal ini menunjukkan bahwasannya fasilitas perpustakaan yang lengkap dapat menunjang peserta didik untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi. 5) Hasil analisis penelitian variabel minat baca dan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Malang yakni terdapat pengaruh positif signifikan antara minat baca terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Malang. Hal ini menunjukkan bahwasannya tingginya minat baca peserta didik akan mendapatkan prestasi belajar yang tinggi. 6) Hasil uji simultan (uji f) yakni fasilitas perpustakaan dan minat baca memiliki pengaruh simultan yang positif terhadap prestasi belajar peserta didik. Perhitungan koefisien determinasi mendapatkan hasil 2 4% artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh kedua variabel independen yakni fasilitas perpustakaan dan minat baca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293886

Actions (login required)

View Item View Item