Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik Adper kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Eni Wahyu Siti Rahmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik Adper kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Eni Wahyu Siti Rahmah

Rahmah, Eni Wahyu Siti (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik Adper kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Eni Wahyu Siti Rahmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmah Eni Wahyu Siti. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Nyoman Suputra M.Si Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Teknologi Perkantoran Hasil Belajar Media pembelajaran merupakan alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran yang terdiri antara lain buku tape recorder kaset video kamera video recorder film slide (gambar bingkai) foto gambar grafik televise dan komputer. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik maka digunakan media pembelajaran berbasis Prezi dimana Prezi itu sendiri merupakan sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet yang digunakan untuk mengekplorasi berbagai ide diatas kanvas virtual. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Prezi (2) mengetahui kelayakan produk media pembelajaran berbasis Prezi (3) mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi. Dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R D). Kemudian juga menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Rancangan dalam penelitian ini di awali dengan menggunakan metode Research and Development (R D) dari Sugiyono kemudian barulah menggunakan teknik analisis data dimana terdapat 2 analisis data yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis data kuantitatif yang diperoleh dari proses validasi didapatkan hasil sebesar 88% dari ahli materi 80% dari ahli media dan 89 9% dari peserta didik dan dari analisis data kualitatif yang diperoleh dari proses validasi yaitu saran tentang penggunaan rapid typing untuk penilaian praktikum bahasa yang digunakan agar mudah dipahami dan gambar-gambar yang dapat menarik peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peneliti dapat menghasilkan media pembelajaran berbasis Prezi pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran untuk SMK Muhammadiyah 2 Malang (2) produk media pembelajaran berbasis Prezi layak digunakan untuk Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran (3) adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi menunjukkan angka 78 16 sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi menunjukkan angka 94 20. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi lebih tinggi dari pada rata rata nilai hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29388

Actions (login required)

View Item View Item