Manajemen pembinaan disiplin peserta didik untuk membentuk karakter disiplin (studi kasus di sma negeri 4 malang). / Bahiirah Jauzaa\' - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembinaan disiplin peserta didik untuk membentuk karakter disiplin (studi kasus di sma negeri 4 malang). / Bahiirah Jauzaa\'

Jauzaa', Bahiirah Jauzaa' (2023) Manajemen pembinaan disiplin peserta didik untuk membentuk karakter disiplin (studi kasus di sma negeri 4 malang). / Bahiirah Jauzaa\'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembinaan disiplin adalah sebuah proses dimana sekolah melakukan sebuah upaya agar dapat membentuk kedisiplinan peserta didik untuk mematuhi aturan di sekolah. Hal tersebut dilakukan agar terciptamya lingkungan sekolah yang aman dan nyaman untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Adanya pembinaan disiplin peserta didik juga bertujuan untuk mencegah timbulnya permasalahan yang diakibatkan karena tindak tidak disiplin peserta didik. Untuk menciptakan karakter disiplin peserta didik dalam pembinaannya dilakukan beberapa tahapan mulai dari perencanaan pengorganisasian penggerakan dan pengawasan serta didalamnya juga terdapat metode dan strategi dalam pembinaan disiplin. Sehingga dari adanya pembinaan tersebut dapat berdampak pada karakter disiplin peserta didik. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu mendeskripsikan alasan perlu diadakan pembinaan disiplin peserta didik mendeskripsikan proses pembinaan disiplin peserta didik mendeskripsikan strategi dalam pembinaan disiplin peserta didik untuk membentuk karakter disiplin mendeskripsikan metode yang dugunakan dalam pembinaan disiplin peserta didik mendeskripsikan dampak yang terjadi setelah dilakukannya pembinaan disiplin peserta. Metode penelitian yang diguanakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus di SMA Negeri 4 Malang. Informasi dan data dikumpulkan dengan teknik wawancara observasi langsung dan juga studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara kredibilitas dengan menggunakan beberapa teknik yaitu triangulasi pengecekan data diskusi dengan teman dan kecukupan bahan referesnsi. Tahap-tahap penelitian meliputi pra lapangan tahap pendahuluan tahap penyusunan proposal tahap pelaksanaan dan tahap pelaporan. Hasil penelitian ini menunjukan pada 5 (lima) rumusan dalam penelitian yaitu (1) Pembinaan disiplin merupakan sebuah pembelajaran dan pembinaan yang dilakukan setiap harinya. Kedisiplinan peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor eksternal yang mempengaruhi kedisiplinan peserta didik yaitu pembelajaran jarak jauh lingkungan keluarga dan lingkungan pertemanan sedangkan faktor internal nya pola pikir dan kesadaran peserta didik Hal tersebutlah yang melandasi dilakukannya pembinaan disiplin (2) Proses pembinaan disiplin peserta didik meliputi empat proses yaitu perencanaan pengorganisasian penggerakan dan pengawasan. Pelaksanaannya diselenggarakan diawal tahun ajaran dengan merumuskan kebijakan selama satu periode kedepan. Pengorganisasiannya seluruh pihak yang terlibat dilamnya tugasnya dijabarkan melaui surat keputusan. Penggerakannya merupakan proses implementasi dari kebijakan dan pihak yang terlibat melakukan pembinaan disiplin. Bentuk pembinaan yang konsisten dimulai dari pagi hari dan dapat dilakukan sewaktu-waktu oleh tim tatib berpedoman pada peraturan yang telah dibuat dan menggunakan metode yang telah direncanakan. Terakhir pengawasan pengawasan dilakukan dengan menilai kinerja selama satu tahun (3) Strategi dalam pembinaan disiplin yang diterapkan terdapat tiga strategi yaitu pengawasan atau konrol pendekatan dan penyadara dan pembiasaan positif. Adanya ketiga strategi tersebut diharapkan dapat menumbuhkan sikap disiplin peserta didik (4) Metode dalam pembinaan disiplin yang diterapkan juga terdapat tiga metode yaitu coaching pemberian poin dan pemberian reward (5) dampak setelah pembinana disiplin peserta didik yang diterapkan dengan adanya berbagai kebijakan peraturan di sekolah strategi dan metode adalah dengan meningkatnya tingkat kedisiplinan peserta didik. Saran dari penelitian ini adalah (1) Kepala sekolah diharapkan dapat melakukan pengembangan dan pengotimalan metode coaching dan memberikan peserta didik buku tatib (2) Pendidik dan Tenaga Kependidikan pendidik khususnya guru tatib diharapkan dapat dapat menciptakan inovasi dalam melakukan pembinaan disiplin peserta didik serta lebih meningkatkan dalam penerapan metode yang digunakan mulai dari coaching pemberian poin dan pemberian reward dan terus berupaya dalam melakukan pembinaan disiplin agar dapat menciptakan lingkungan sekolah yang disiplin. Kemudian bidang kesiswaan dapat turun langsung secara bergantian untuk melakukan penyambutan kepada peserta didik di depan gerbang sekolah karena yang terlibat dalam proses penyambutan peserta didik hanya tim tatib dan anggota dari MPK (3) Peserta didik diharapkan dapat mematuhi peraturan yang ada di sekolah serta meningkatkan rasa disiplin tanggung jawab sebagai seorang peserta didik (4) Ketua Departemen Administrasi Pendidikan diharapkan dapat dijadikan bentuk karya ilmiah untuk tinjauan pustaka dan bahan referensi untuk peneliti lain (5) Peneliti Lain diharapkan kepada peneliti lain dapat meneliti lebih mendalam mengenai penerapan penerapan metode coaching di SMA Negeri 4 Malang dan dampaknya bagi kedisiplinan peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293871

Actions (login required)

View Item View Item